Terpidana Narkotika Minta Dikeluarkan dari Tahanan, Kejari Pekanbaru: Sedang Diproses

- Kamis, 24 Maret 2022 | 16:16 WIB
Ilustrasi Narkoba (Pixabay)
Ilustrasi Narkoba (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Ryandra minta segera dikeluarkan dari tahanan seiring dikabulkannya upaya Peninjauan Kembali yang diajukannya. Terkait hal itu, pihak Kejaksaan berjanji akan memprosesnya dan menjalankan putusan tersebut secepatnya.

Ryandra adalah terpidana kasus narkotika, dan dihukum 4 tahun penjara. Selain itu, dia juga dihukum membayar denda Rp800 juta subsidair 3 bulan kurungan. Putusan itu dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru pada 24 Februari 2021.

Saat itu, dia menerima putusan tersebut, sehingga perkara tersebut inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap. Dengan begitu, dia menyandang status terpidana.

Belakangan, Ryandra mengajukan upaya hukum PK ke Mahkamah Agung (MA) RI. Hasilnya, permohonan itu dikabulkan dengan keluarnya putusan Nomor: 24 PK/Pid.Sus/2021.

Atas hal itu, Ryandra melalui Penasehat Hukumnya, Suroto meminta segera dikeluarkan dari tahanan. Namun hingga kini, upaya tersebut belum membuahkan hasil.

"Hari ini, kami mendatangi Kejaksaan Tinggi Riau untuk mengadukan persoalan ini. Kedatangan kami disambut Bapak (Denny) Anteng (Prakoso) mewakili Asisten Pengawasan yang kebetulan sedang ada kegiatan lain," ujar Suroto, Kamis (24/3).

Baca Juga: Jelang HBP Ke-58, Pegawai Lapas Bangkinang Gelar Kegiatan Donor Darah

Kepada Pemeriksa pada Bidang Pengawasan Kejati Riau itu, Suroto menyampaikan bahwa kliennya telah divonis bebas oleh MA dan petikan putusannya telah disampaikan ke Juru Sita PN Pekanbaru, Selasa (22/3) kemarin. Hal yang sama juga disampaikan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru.

"Akan tetapi sampai hari ini, sudah 3 hari klien kami tidak kunjung dibebaskan oleh dengan alasan berkas perkaranya masih dicari," sebut Suroto.

Terhadap alasan itu, Suroto sangat keberatan. Menurut dia, berdasarkan KUHP, pada saat petikan putusan sudah disampaikan, maka Kejaksaan wajib segera mengeksekusi putusan tersebut.  Di dalam amar putusan PK tersebut, lanjut dia, juga sudah jelas memerintahkan agar terpidana dibebaskan seketika.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X