Bupati Kuansing Nonaktif Andi Putra Kini Ditahan di Rutan Pekanbaru

- Kamis, 24 Maret 2022 | 10:59 WIB
Andi Putra (Istimewa)
Andi Putra (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Andi Putra menjadi salah satu penghuni baru Rumah Tahanan Negara Kelas I Pekanbaru. Dia dititipkan di sana, dimana sebelumnya Bupati Kuantan Singingi nonaktif ditahan di Rutan KPK di Jakarta.

Andi Putra merupakan tersangka korupsi suap pengurusan perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) kebun sawit PT Adimulia Agrolestari (AA). Dia diamankan dalam suatu operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia kemudian dibawa tim KPK dari Kota Pekanbaru ke Jakarta, pada Rabu (20/10/2021) lalu. Ia berangkat dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru sekitar pukul 15.00 WIB. Informasinya tiba di Gedung Merah Putih KPK pada pukul 18.44 WIB. Dia lalu menjalani penahanan di Rutan KPK di Jakarta.

Seiring jalannya waktu, berkas perkara mantan Ketua DPRD Kabupaten Kuansing itu dinyatakan lengkap atau P-21, dan penanganan perkaranya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

Andi Putra menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Senin (14/3) kemarin. Saat itu dia mengikuti persidangan secara virtual dari Jakarta.

Baca Juga: Pemprov dan RAPP Tandatangai MoU Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Dalam kesempatan itu, Penasihat Hukum (PH) terdakwa menyampaikan permohonan, agar penahanan dipindahkan ke Pekanbaru dengan alasan untuk memudahkan berkoordinasi dengan terdakwa. Misalnya, seperti masalah surat kuasa.

Atas permohonan itu, majelis hakim yang diketuai Dahlan, mengabulkannya dengan mengeluarkan penetapan. Tim JPU KPK kemudian melaksanakan penetapan majelis hakim tersebut.

Oleh Tim JPU, Andi Putra dipindahkan dari Rutan KPK di Jakarta, ke Rutan Kelas Pekanbaru, Rabu (23/3) kemarin.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X