Kejari Rohil Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Pembangunan Pelabuhan Bagansiapiapi

- Rabu, 23 Maret 2022 | 19:13 WIB
Ilustrasi korupsi (Pixabay)
Ilustrasi korupsi (Pixabay)



HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Negeri Rokan Hilir akhirnya menetapkan seorang pria berinisial TRP sebagai tersangka dugaan korupsi pembangunan fasilitas pembangunan Pelabuhan Bagansiapiapi.

Pejabat Pembuat Komitmen dalam proyek tersebut diduga terlibat dalam upaya menggerogoti keuangan negara lebih dari Rp1 miliar.

TRP menyandang status tersangka setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai saksi. Selanjutnya, dilakukan gelar perkara untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Pada hari ini Rabu (23/3), Tim Penyidik Kejari Rohil melakukan pemeriksaan terhadap saksi TRP selaku PPK. Setelah itu, dilakukan gelar perkara atau ekspos dan hasilnya disimpulkan bahwa TRP selaku PPK ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kepala Kejari (Kajari) Rohil Yuliarni Appy saat dikonfirmasi melalui Kasi Intelijen Yogi Hendra, Rabu petang.

Baca Juga: Warga Air Tris Diringkus Polisi, 54 Paket Sabu Turut Diamankan

Penyematan status tersangka itu, kata Yogi, setelah penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) meyakini telah mengantongi minimal 2 alat bukti yang cukup. Hal itu didapat setelah penyidik melakukan pemeriksaan terhadap 18 orang saksi.

"Belasan saksi itu terdiri dari pihak Dinas Perhubungan, Konsultan Pengawas, dan Kontraktor serta 2 orang ahli, yakni Ahli Bidang Jasa Konstruksi LPJK-N dan Ahli Auditor Perhitungan Kerugian Negara," lanjut Yogi.

Dengan telah ditetapkannya TRP sebagai tersangka, penyidik kata Yogi, akan menggelar proses penyidikan dan melakukan pemberkasan. Jika rampung, akan segera dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Peneliti atau tahap I.

Dari informasi yang didapat, dugaan rasuah bermula pada pada tahun 2018 lalu. Saat itu, Direktorat Perhubungan Laut pada Kementerian Perhubungan melaksanakan Kegiatan Pekerjaan Lanjutan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Laut Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir.

Baca Juga: Gelar Pertemuan dengan Insan Pers, Danrem 031/WB Harap Sinergitas TNI-Wartawan Tetap Terjalin dengan Baik

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X