Diduga Suap Bupati Kuansing Nonaktif, GM PT Adimulia Agrolestari Dituntut 3 Tahun Penjara

- Kamis, 10 Maret 2022 | 19:53 WIB
Suasana persidangan General Managar PT Adimulia Agrolestari, Sudarso (Dodi/HRC)
Suasana persidangan General Managar PT Adimulia Agrolestari, Sudarso (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum menuntut Sudarso dengan pidana penjara selama 3 tahun. General Manager PT Adimulia Agrolestari dinilai bersalah melakukan suap terhadap Bupati Kuantan Singingi nonaktif, Andi Putra terkait pengurusan perpanjangan izin Hak Guna Usaha lahan sawit.

Tuntutan itu dibacakan JPU Meyer Volmar Simanjuntak dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Kamis (10/3). Dalam tuntutannya, JPU menyatakan Sudarso melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Menuntut terdakwa Sudarso dengan pidana penjara selama 3 tahun. Dikurangi masa penahanan yang sudah dijalankan," ujar JPU di hadapan majelis hakim yang diketuai Dahlan.

Selain hukuman penjara, Sudarso juga dituntut harus membayar denda sebesar Rp200 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Atas tuntutan JPU tersebut, Sudarso melalui penasehat hukum mengajukan pembelaan atau pledoi. Majelis hakim mengagendakan pembacaan pledoi pada persidangan pekan depan.

JPU KPK dalam dakwaannya menyebutkan, perbuatan terdakwa memberikan suap kepada Bupati Kuansing, Andi Putra terjadi medio September-Oktober 2021 lalu. Berawal ketika itu, izin HGU kebun sawit PT Adimulia akan berakhir tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Kejati Riau Hentikan Penyelidikan Korupsi di RSUD Indrasari Indragiri Hulu, Ini Alasannya

Ada tiga sertifikat PT Adimulia Agrolestari yang  akan berakhir. Tiga sertifikat itu berada di Desa Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir, Kuansing.

Frank Wijaya selaku Komisaris PT Adimulia Agrolestari sekaligus pemilik (beneficial owner) meminta Sudarso untuk mengurus perpanjangannya. Atas permintaan tersebut, kemudian Sudarso memulai proses pengurusan perpanjangan Sertifikat HGU PT Adimulia Agrolestari.

Sudarso yang sudah lama mengenal Andi Putra sejak masih menjadi anggota DPRD Kabupaten Kuansing, lalu melakukan pendekatan. Dari pertemuan antara terdakwa dengan Andi Putra, disepakati Bupati Kuansing itu akan menerbitkan surat rekomendasi persetujuan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X