Penetapan Tersangka Dugaan Korupsi SPPD Fiktif di Sekretariat DPRD Rohil Tunggu Hasil Audit

- Senin, 7 Maret 2022 | 13:42 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Penyidik masih menunggu hasil audit penghitungan kerugian negara dalam perkara dugaan penyimpangan Surat Perintah Perjalanan Dinas fiktif di Sekretariat DPRD Rokan Hilir. Jika didapat, penyidik akan segera menetapkan tersangka.

Perkara ini ditangani penyidik pada Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau, dan telah masuk ke tahap penyidikan pada 6 Mei 2021 lalu. Hal itu dipastikan usai penyidik menemukan peristiwa pidana serta dua alat bukti permulaan yang cukup.

Sejak saat itu, proses penyidikan masih berjalan. "Masih proses," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Riau, Kombes Pol Ferry Irawan, Senin (7/3).

Pemeriksaan saksi-saksi diyakini telah rampung. Saat ini, kata kata Ferry, penyidik tengah menunggu hasil audit yang dilakukan auditor. Ini diyakini terkait dengan dugaan kerugian negara yang ditimbulkan dalam perkara ini.

Baca Juga: Honda Care Layanan Darurat Memudahkan Konsumen Dimana Saja

"Tinggal tunggu (hasil audit dari) BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, red) saja," sebut mantan Wakapolres Metro Tangerang itu.

Jika hasil audit didapat,  penyidik akan melakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka. "(Penetapan tersangka) Tunggu ini (hasil audit BPK,red)," pungkas Kombes Pol Ferry Irawan.

Diketahui, penanganan perkara itu dilakukan guna menindaklanjuti laporan yang diterima Polda Riau melalui Ditreskrimsus pada medio September 2018 lalu. Laporan itu terkait  Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil oleh BPK Perwakilan Provinsi Riau tahun 2017.

Dalam LHP itu dinyatakan terdapat dugaan penyimpangan SPPD yang digunakan anggota Dewan tanpa didukung Surat Pertanggungjawaban (SPJ), sehingga potensi kerugian negara mencapai miliaran rupiah.

Baca Juga: Pemko Pekanbaru Tertibkan Reklame Ilegal, Komisi II : Sekalipun Punya Wali Kota, Potong Saja

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terlibat TPPU, Berkas Petinggi Fikasa Group Telah P-21

Rabu, 28 September 2022 | 14:38 WIB

Resmob Polres Inhil Tangkap Curanmor di Pasar Terapung

Selasa, 27 September 2022 | 16:24 WIB
X