Sidang Dugaan Investasi Bodong Rp84,9 M, Petinggi PT Fikasa Dituntut 14 Tahun Penjara, Marketing 12 Tahun

- Selasa, 1 Maret 2022 | 23:37 WIB
Suasana jalannya sidang 4 petinggi PT Fikasa Group (Akmal/HRC)
Suasana jalannya sidang 4 petinggi PT Fikasa Group (Akmal/HRC)

HALUANRIAU. CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum menjatuhkan tuntutan pidana masing-masing selama 14 tahun penjara terhadap 4 petinggi PT Fikasa Group yang menjadi terdakwa dugaan tindak pidana perbankan yang merugikan nasabahnya sebesar Rp84,9 miliar. Sementara seorang terdakwa lainnya, dituntut 12 tahun penjara.

Demikian terungkap di persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Selasa (1/3). Pertama sekali, tuntutan dibacakan untuk terdakwa Maryani. Dia adalah Marketing Freelance PT Wahana Bersama Nusantara (WBN) dan Direktur Utama PT Tiara Global Propertindo (TGP).

Menurut Jaksa, Maryani terbukti bersalah melakukan melakukan tindak pidana turut serta secara bersama-sama, melakukan beberapa perbuatan yang ada hubungannya sedemikian rupa sehingga menghimpun dana dari masyarakat tanpa izin dari Bank Indonesia (BI) dan atau Otoritas Jasa Keuntungan (OJK).

Hal itu sebagaimana tertuang dalam dakwaan pertama JPU. Yakni, dalam Pasal 46 ayat (1) Undang-undang (UU) RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan Jo Pasal 64 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

"Menjatuhkan pidana terdakwa Maryani dengan pidana penjara selama 12 tahun dan dikurangi selama terdakwa menjalani di dalam tahanan dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan," ujar Jaksa Lastarida Br Sitanggang dalam amar tuntutannya di hadapan majelis hakim yang diketuai Dahlan.

Baca Juga: Batal Lawan Tajikistan dan Uzbekistan di FIFA Match Day 2022, Ada Apa Timnas Indonesia?

Selain itu, Maryani juga dibebankan membayar denda sebesar Rp15 miliar subsidair 8 bulan kurungan.

Sidang dilanjutkan untuk 4 terdakwa lainnya. Mereka adalah Bhakti Salim selaku Direktur Utama PT WBN dan Direktur Utama PT TGP, Agung Salim selaku Komisaris Utama PT WBN, Elly Salim Direktur PT WBN dan Komisaris PT TGP, dan Christian Salim selaku Direktur PT TGP.

Keempatnya juga dijerat dengan pasal yang sama. Hanya saja keempat petinggi PT Fikasa Group itu dituntut lebih tinggi.

"Menjatuhkan pidana terhadap para terdakwa masing-masing selama 14 tahun penjara dikurangi selama berada dalam tahanan sementara dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan," tegas Jaksa Herlina Samosir menimpali.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X