Kejari Selamatkan Rp3 M dari Kelebihan Bayar Kegiatan Sosper di Sekretariat DPRD Pekanbaru

- Kamis, 24 Februari 2022 | 18:05 WIB
Setdako M Jamil menyerahkan piagam penghargaan kepada Kasi Pidsus Kejari Pekanbaru Agung Irawan
Setdako M Jamil menyerahkan piagam penghargaan kepada Kasi Pidsus Kejari Pekanbaru Agung Irawan

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Negeri Pekanbaru berhasil menyelamatkan keuangan negara dari kelebihan bayar dari kegiatan sosialisasi peraturan dan reses di Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru. Adapun jumlahnya sebesar Rp3.018.522.903.

Uang tersebut kemudian dikembalikan ke Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk selanjutnya disetorkan ke kas daerah.

Pengembalian uang tersebut merupakan hasil penyelidikan Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pekanbaru dalam tiga bulan terakhir. Dimana Jaksa mencium ada aroma penyimpangan dalam kegiatan senilai Rp17 miliar di organisasi perangkat daerah pada lingkungan Pemko Pekanbaru.

Hasilnya, ditemukan adanya sejumlah penyimpangan administrasi yang mengarah kelebihan bayar.

"Uang sekitar Rp3 miliar ini hasil penyelidikan perkara dugaan korupsi sosper tahun 2020 di Setwan Pekanbaru. Dari hasil audit dalam tahap penyelidikan diperoleh kerugian negara," ungkap Kepala Kejari (Kajari) Teguh Wibowo, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Pidsus Agung Irawan, Kasi Intelijen Lasargi Marel, dan Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) Kicky Ariyanto, Kamis (24/2).

Dengan dikembalikannya ke kas daerah, Kajari berharap uang tersebut dapat digunakan kembali untuk program pembangunan di Kota Bertuah.

Pengembalian ini, sambung Kajari, merupakan upaya pihaknya dalam penyelamatan kerugian negara. Pihaknya kata dia, melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap kegiatan di Setwan DPRD Kota Pekanbaru.

"Selama proses penyelidikan, kami memintai keterangan 45 anggota DPRD, serta sejumlah pegawai di Setwan. Hasil dari penyelidikan itu, diserahkan ke Inspektorat untuk diaudit, dan ditemukan kelebihan bayar sekitar Rp3 miliar," jelas mantan Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatra Barat (Sumbar) itu.

Terhadap temuan ini, kata Teguh, seluruh anggota DPRD serta pegawai Setwan berupaya melakukan mengembalikan. Jumlah pengembalian uang tersebut bervariasi.

"Ada yang mengembalikan Rp25 juta, Rp50 juta, dan Rp75 juta. Yang paling besar mengembalikan Rp100 juta,” imbuh Kajari.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB

Polri Resmi Tetapkan Bharada E Sebagai Tersangka

Rabu, 3 Agustus 2022 | 23:59 WIB
X