Terima Beasisswa Namun Tidak Memenuhi Syarat, 400 Mahasiswa di Aceh Berpotensi Jadi Tersangka Korupsi

- Kamis, 17 Februari 2022 | 18:37 WIB
ilustrasi mahasiswa/ foto: google
ilustrasi mahasiswa/ foto: google

HALUANRIAU.CO, ACEH - Sebanyak 400 Mahasiswa yang menerima beasiswa pendidikan di Aceh tahun anggaran 2017 lalu berpotensi menjadi tersangka korupsi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Ditreskrimsus Polda Aceh yang di supervisi oleh Bareskrim Polri dan KPK dimana pihaknya telah mengantoni sejumlah nama tersangka.

400 Mahasiswa tersebut dibidik lantaran tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan berdasarkan hasil diskusi materi perkara disepakati bahwa mahasiswa yang menerima beasiswa tapi tidak memenuhi syarat termasuk perbuatan melawan hukum.

"Apalagi dengan mereka bersedia dana beasiswanya dipotong oleh para Korlap, hal tersebut menunjukkan bahwa mereka sebetulnya memahami dan menyepakati bahwa mereka menerima dana beasiswa meskipun tidak memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa," kata Winardy dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: Nama Kasi Pidsus Kejari Pekanbaru Dicatut OTK

Winardy menjelaskan bahwa pihaknya meminta kepada seluruh penerima beasiswa yang tidak memenuhi syarat tersebut untuk mengembalikan duit kas daerah yang mereka terima tersebut.

Ia melanjutkan bahwa para penerima beasiswa yang tidak memenuhi syarat tersebut mengetahui bahwasanya mereka tidak memenuhi syarat namun mereka tetap memaksakan diri dengan cara bersedia dipotong oleh para Korlap.

"Penyidik menemukan ada lebih dari 400 orang mahasiswa yang berpotensi jadi tersangka karena menerima beasiswa tidak memenuhi syarat dan diketahui memberikan kickback kepada koordinator. Penyidik juga sudah memiliki daftar nama dan identitas ke-400 lebih penerima beasiswa tersebut," jelas Winardy.

Dalam penetapan tersangka dalam kasus ini masih dalam proses pengkajian termasuk calon tersangka yang sudah diteliti secara prosedur. Sebab, kata Winardy, mereka salah tetapi tidak menerima kickback uang negara dari pemotongan beasiswa tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Merdeka.com, detik.com, CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB
X