Bupati Kuansing Nonaktif Andi Putra Segera Disidangkan

- Rabu, 16 Februari 2022 | 11:47 WIB
Andi Putra (Istimewa)
Andi Putra (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Berkas perkara Bupati Kuantan Singingi nonaktif, Andi Putra telah dinyatakan lengkap. Penanganan perkaranya juga telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum.

Andi Putra adalah tersangka dugaan suap pengurusan perpanjangan izin Hak Guna Usaha sawit PT Adimulia Agrolestari (AA). Penanganan perkaranya dilakukan oleh penyidik pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seiring jalannya waktu, berkas perkara mantan Ketua DPRD Kabupaten Kuansing itu telah dinyatakan lengkap. Hal itu sebagaimana disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

"Berkas perkara tersangka AP (Andi Putra, red) dalam perkara dugaan TPK (tindak pidana korupsi,red) suap terkait perpanjangan izin hak guna usaha (HGU) sawit di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau telah dinyatakan lengkap dan segera disidang," ujar Ali Fikri melalui pesan singkat aplikasi perpesanan WhatsApp, Rabu (16/2).

Baca Juga: Artis Senior Dorce Gamalama Meninggal Dunia Karena Terinfeksi Covid-19 Hampir 3 Minggu

Penyidik, kata Ali, juga telah melimpahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Tahap II itu dilakukan pada Selasa (15/2) kemarin.

"Telah dilaksanakan tahap II, yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti atas nama tersangka AP/Bupati Kuansing dari Tim Penyidik ke Tim Jaksa KPK," sebut Ali.

"Sebelumnya isi kelengkapan berkas perkara baik formil maupun materil telah dinyatakan lengkap," sambungnya.

Lanjut Ali, penahanan tersangka masih berlanjut oleh Tim Jaksa dalam waktu 20 hari ke depan. Yakni, sampai tanggal 6 Maret 2022 mendatang.

"Tersangka AP ditahan di Rutan Cabang KPK pada Gedung Merah Putih Jakarta," sebut dia.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X