Selain Pencabulan Anak di Bawah Umur, Anak Angkat Anggota DPRD Pekanbaru Juga Terjerat Kasus Pencurian

- Jumat, 4 Februari 2022 | 15:10 WIB
Proses tahap II perkara pencabulan terhadap anak di bawah umur
Proses tahap II perkara pencabulan terhadap anak di bawah umur

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Selain menjadi tersangka dugaan pencabulan anak di bawah umur, Arya Fadillah Jefri juga terlibat kasus pencurian. Terhadap kasus kedua itu, pria 21 tahun yang merupakan anak angkat anggota DPRD Kota Pekanbaru itu dilakukan penahanan.

Kedua perkara itu ditangani penyidik pada Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru. Untuk kasus pencabulan, berkas perkaranya telah dinyatakan lengkap atau P-21 pada Senin (31/1) kemarin.

Selanjutnya, penyidik melimpahkan kewenangan perkara ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru. Tahap II itu dilakukan pada Jumat (4/2) pagi.

"Hari ini kita sudah melaksanakan tahap II pada jam 10 tadi. Diserahkan tanggung jawabnya tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Pekanbaru," ujar Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru, Teguh Wibowo, melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Zulham Pardamean Pane, Jumat siang.

Dengan telah dilaksanakannya proses tahap II, status penahanannya menjadi kewenangan Jaksa. Dalam perkara pencabulan anak di bawah umur ini, Jaksa tidak melakukan penahanan pria berstatus duda itu.

"Terkait perkara (pencabulan) ini, kami sebagai Penuntut Umum di sini, dia ditahan dalam perkara yang lain," sebut mantan Kasi Pidum Kejari Binjai.

"Memang ini kewenangan Jaksa, tapi karena dia ditahan dalam perkara lain, kita tidak bisa melakukan penahanan," sambungnya.

Adapun perkara lain yang menjerat Arya adalah kasus dugaan pencurian. Kasus ini diusut di saat polisi tengah merampungkan penyidikan perkara pencabulan.

"Karena di pertengahan (penyidikan perkara pencabulan), ada kasus yang lainnya. Kalau perkara yang lain, itu perkara pencurian. Itu masih SPDP, dan permintaan perpanjangan penahanan lanjutan oleh penyidik," jelas Jaksa yang pernah bertugas di Kejari Rokan Hilir (Rohil).

"Pengungkapannya setelah kasus cabul. Di pertengahan jalan, muncullah perkara pencurian," lanjut dia

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X