Polri Bongkar Praktik Penyalahgunaan Pupuk Subsidi yang Rugikan Negara Rp30 M

- Senin, 31 Januari 2022 | 10:55 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, NASIONAL - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri membongkar kasus penyalahgunaan penjualan pupuk bersubsidi yang rugikan hingga Rp30 miliar rupiah.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat, pada tanggal 30 Januari 2022, Dittipideksus Bareskrim Polri mengungkap dugaan adanya penyalahgunaan pupuk bersubsidi yang dilakukan oleh oknum pemilik kios pupuk lengkap (KPL)," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (31/1/2022).

KPL ini dijalankan oleh AEF dan MD, dengan wilayah distribusi di kawasan Mauk dan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten.

Whisnu menyebut kedua pelaku beraksi dengan cara mendapatkan pupuk bersubsidi menggunakan penerima fiktif. Kemudian, pupuk tersebut dijual dengan harga yang bukan semestinya.

Baca Juga: Bertanding di Liga 3, PS Siak Dapat Suntikan Dana Dari Perusahaan Sawit

"Modus operandi para pelaku melakukan penyalahgunaan pendistribusian pupuk bersubsidi dengan berbekal eRDKK yang terdapat daftar penerima fiktif, bukan petani dan bahkan sudah meninggal dunia. Kemudian alokasi tersebut didistribusikan ke pihak yang tidak berhak dengan harga Rp 4.000 per kg  di atas harga eceran tertinggi sebesar Rp 2.250 per kg untuk pupuk urea," kata Whisnu.

Aksi AEF dan MD ini telah berlangsung sejak 2020 yang lalu. Akibat ulah kedua pelaku, Whisnu menyebut negara dirugikan hingga puluhan miliar rupiah.

"Menyebabkan alokasi pupuk tidak tepat sasaran, merugikan petani yang seharusnya menerima dan merugikan negara mencapai Rp30 miliar," kata Whisnu.

Kedua pelaku itu pun kini sudah berstatus sebagai tersangka. Atas perbuatannya. kedua tersangka dijerat dengan pasal berkaitan perdagangan barang dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cek Cok Perihal Harga, PSK di Tusuk Pengguna Jasa

Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:55 WIB

Lagi Main Judi Remi, 2 IRT Sumbar Ditangkap

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:34 WIB

Usai Diperiksa, Pemilik PT Duta Palma Group Sakit

Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:37 WIB
X