KPK Turun ke Kuansing Telusuri Aset Andi Putra

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:47 WIB
Andi Putra (Istimewa)
Andi Putra (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, RIAU - Belum lama ini, Komisi Pemberantasan Korupsi menyambangi Kabupaten Kuantan Singingi. Kedatangan lembaga antirasuah itu guna menelusuri aset milik Andi Putra, Bupati Kuansing nonaktif yang menjadi tersangka dugaan suap pengurusan perpanjangan izin Hak Guna Usaha sawit PT Adimulia Agrolestari.

"Info yang kami peroleh, benar ada kegiatan tim KPK dari bagian Asset Tracing/ATR yang sedang mengkonfirmasi soal beberapa aset, di antaranya tanah dan bangunan yang diduga milik tersangka AP (Andi Putra, red)," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis (27/1).

Disinggung soal perkembangan penanganan perkara yang menjerat Andi Putra ini, Ali Fikri menuturkan, tim penyidik kini masih melengkapi berkas tersangka. Selain itu, penyidik juga kembali memperpanjang masa penahanan terhadap mantan Ketua DPRD Kuansing itu selama 30 hari terakhir berdasarkan penetapan kedua dari Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru.

"Perpanjangan masa penahanan terhitung sejak 17 Januari 2022 sampai 15 Februari 2022, di Rutan KPK Pada Gedung Merah Putih," sebut Ali Fikri.

Baca Juga: Turnamen Sepakbola Piala Walikota Solo, Siwo PWI Riau Siap Tampil Maksimal

Dalam masa itu, Tim Penyidik terus mengumpulkan berbagai alat bukti, dengan tetap menjadwalkan pemeriksaan saksi-saksi serta pemeriksaan tersangka untuk menguatkan dugaan perbuatan tersangka dimaksud.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK telah melimpahkan berkas perkara terdakwa Sudarso ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (5/1).

Selanjutnya, status penahanan terhadap General Manager PT AA kini menjadi kewenangan pengadilan. Untuk saat ini, Sudarso masih tetap dilakukan penahanan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Diwartakan sebelumnya, Andi Putra dibawa tim KPK dari Kota Pekanbaru ke Jakarta, pada Rabu (20/10/2021) kemarin.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polri Tahan Irjen Ferdy Sambo di Mako Brimob

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 22:17 WIB
X