Ketua DPN Peradi-SAI Lantik Pengurus 3 DPC di Riau Sekaligus

- Minggu, 23 Januari 2022 | 14:48 WIB
Ketua DPN Peradi-SAI Juniver Girsang bersama pengurus 3 DPC yang baru dilantik
Ketua DPN Peradi-SAI Juniver Girsang bersama pengurus 3 DPC yang baru dilantik

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Untuk pertama kalinya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Suara Advokat Indonesia (SAI) Juniver Girsang melantik pengurus 3 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) sekaligus. Dan itu baru terjadi di Provinsi Riau.

Adapun 3 DPC itu adalah DPC Peradi Pekanbaru, Kampar dan Indragiri Raya yang meliputi wilayah Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan, PN Rengat dan PN Taluk Kuantan. Pelantikan itu dilakukan di salah satu hotel di Kota Pekanbaru, Sabtu (22/1) malam.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPN Peradi-SAI, Eva Nora, Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Masrul Kasmy, dan sejumlah undangan lainnya.

"Pelantikan ini adalah suatu pelantikan yang sangat baik yang diprakarsai rekan-rekan advokat di Riau. Ini yang pertama di bawah kepemimpinan saya pelantikan 3 DPC, yaitu Pekanbaru, Kampar, dan Indragiri Raya, dan acaranya sangat baik," ujar Juniver Girsang usai pelantikan.

Bersamaan dengan pelantikan itu, turut dibentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Peradi Provinsi Riau yang diketuai Aziun Asyari, serta Pusat Bantuan Hukum (PBH) DPC Peradi Pekanbaru, Kampar, dan Indragiri Raya.

"Dengan pelantikan ini memperlihatkan Peradi Riau sangat kompak. Juga Peradi Riau terpanggil, mereka mengabdi kepada masyarakat dengan terbentuknya PBH Peradi," sebut Juniver yang didampingi Ketua Pelaksana, Parlindungan.

Juniver kemudian mengutip pernyataan Masrul Kasmy saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. Saat itu, Asisten I Setdaprov Riau tersebut menyatakan kalau Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2015 tentang Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin.

"Bahwa kehadiran PBH Peradi ini nantinya bisa membantu Pemda untuk mengakomodir masyakarat yang tidak mampu, dan ini sesuai dengan pengabdian Peradi juga," sebut Juniver Girsang.

"Demikian juga, sebagai advokat yang ada perintah langsung dari undang-undang harus melayani masyarakat secara Pro Bono (bantuan hukum secara gratis,red)," sambungnya.

Melihat kekompakan dan pengabdian yang ditunjukkan advokat yang tergabung dalam Peradi-SAI di Riau itu, Juniver tak segan-segan menyampaikan pujiannya."Saya akui, Peradi di Riau lebih baik dari daerah-daerah lainnya," pungkas Ketum DPN Peradi SAI, Juniver Girsang.

Halaman:

Editor: Dodi Ferdian

Artikel Terkait

Terkini

X