Jaksa KPK Limpahkan Berkas Perkara GM PT Adimulia Agrolestari ke Pengadilan

- Rabu, 5 Januari 2022 | 16:51 WIB
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri  |  Sumber : tvrinews.com
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri | Sumber : tvrinews.com


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas perkara terdakwa Sudarso ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (5/1).

Selanjutnya, status penahanan terhadap General Manager PT Adimulia Agrolestari kini menjadi kewenangan pengadilan.

Sudarso merupakan salah satu pesakitan dugaan korupsi berupa suap terkait perpanjangan izin hak guna usaha (HGU) sawit di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Selain dia, kasus ini juga menyeret nama Bupati Kuansing nonaktif Andi Putra sebagai tersangka.

Baca Juga: Polisi Tetap Usut Kasus Pemerkosaan oleh Anak Anggota Dewan meski Laporan Dicabut dan Damai

Penyidik KPK telah merampungkan proses penyidikan terhadap Sudarso dengan ditandai lengkapnya berkas perkara. Penyidik kemudian melimpahkan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) atau tahap II pada Jumat (17/12/2021) kemarin.

Saat itu, Tim JPU melanjutkan proses penahanan untuk 20 hari ke depan, dimulai 17 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022 di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Lalu, Tim Jaksa menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkara dimaksud. "Hari ini, Jaksa KPK Rio Frandy telah melimpahkan berkas perkara Terdakwa Sudarso (General Manager PT AA) ke Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis sore.

Dengan telah dilimpahkannya berkas perkara ke pengadilan, penahanan terdakwa sudah menjadi wewenang pengadilan. Untuk saat ini, kata Ali Fikri, Sudarso masih tetap dilakukan penahanan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Baca Juga: Pernah Dukung Copot Baliho, Narji Menyesal dan Siap Diberikan Hal Ini Secara Langsung dari PKS

"Tim Jaksa masih akan menunggu penetapan penunjukkan Majelis Hakim yang akan memimpin persidangan dari Ketua Pengadilan dan juga penetapan hari sidang pertama dengan agenda pembacaan surat dakwaan," lanjut Ali Fikri.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X