Polda Sidik Kasus Dugaan Pemalsuan Surat Tanah Milik H Basko, 8 Saksi Telah Diperiksa

- Selasa, 28 Desember 2021 | 10:20 WIB
Polda Riau
Polda Riau


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengusutan dugaan penggelapan hak atas barang-barang yang tidak bergerak dan atau pemalsuan surat tanah milik H Basrizal Koto telah memasuki tahap penyidikan. Guna pengumpulan alat bukti, penyidik melakukan peninjauan ke lapangan.

Perkara itu dilaporkan Zico Mardian Utama alias Zico Basko, Jumat (16/4) lalu. Laporan pengaduan itu disampaikannya ke Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau.

Menindaklanjuti laporan itu, Polda Riau menerbitkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor : SP.Lidik/78/V/RES.1.11./2021, tertanggal 3 Mei 2021. Penyelidikan itu dilakukan Subdit II Ditreskrimum Polda Riau.

Dalam tahap ini, sejumlah pihak diundang untuk diklarifikasi. Jumlahnya mencapai 20 orang. "Untuk saksi-saksi yang sudah diperiksa pada saat lidik (penyelidikan,red) sebanyak 20 orang," ujar Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Senin (27/12).

Baca Juga: Liga Premier Inggris Pecahkan Rekor, 103 Orang Positif Terkena Covid-19

Dalam tahap ini, polisi meyakini adanya peristiwa pidana dalam perkara tersebut. Melalui rangkaian gelar perkara, polisi kemudian meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan.

"Sudah dik (penyidikan,red)," sebut mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) itu.

Penyidik lalu kembali mengumpulkan alat bukti untuk menguatkan sangkaan tersebut. Sejumlah saksi dipanggil untuk menjalani pemeriksaan.

"Setelah sidik, baru 8 orang (diperiksa). Saat ini masih berjalan pemeriksaan saksi-saksi," lanjut Sunarto.

Tidak sampai di situ, penyidik juga telah menyita sejumlah alat bukti. Selain itu penyidik bersama pihak terkait, juga telah turun ke lapangan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X