Kembali Mangkir, Jaksa Ingatkan Ketua KONI Kampar Soal Pasal Menghalangi Penyidikan

- Kamis, 16 Desember 2021 | 15:41 WIB
Ketua Koni kampar, Surya Darmawan
Ketua Koni kampar, Surya Darmawan


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Tinggi Riau kembali mengingatkan Surya Darmawan untuk kooperatif memenuhi panggilan penyidik dalam perkara dugaan korupsi di RSUD Bangkinang.

Jika tidak, Ketua KONI Kabupaten Kampar itu bisa dijerat dengan pasal tentang menghalangi proses penyidikan.

Surya Darmawan adalah salah satu saksi yang dibutuhkan dalam perkara tersebut. Yang bersangkutan diketahui telah 4 kali mangkir dari pemeriksaan.

Teranyar, sikap tidak kooperatif tersebut ditunjukkan pria yang akrab disapa Surya Kawi itu pada Kamis (16/12). Dia lagi-lagi tidak hadir di Kantor Kejati Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru untuk menjalani pemeriksaan.

"Ya. Sampai dengan jam sekarang ini, yang bersangkutan (Surya Darmawan,red) belum datang," ujar Asisten Intelijen Kejati Riau, Raharjo Budi Kisnanto saat dikonfirmasi Kamis siang.

Baca Juga: Innalillahi Wainna ilahirojiuun, Kadis Kominfotik Riau Rahimah Erna Tutup Usia

Tidak diketahui apa alasan ketidakhadirannya itu. Penyidik pada Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Riau tidak mendapatkan pemberitahuan dari yang bersangkutan.

"Tidak ada pemberitahuan," kata Raharjo.

Atas sikap tersebut, tentu ada konsekuensi hukum yang akan diterima Surya Darmawan. Dia bisa saja ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal dalam undang-undang Tipikor terkait menghalangi proses penyidikan.

"Kita akan mengambil langkah-langkah berikutnya sesuai Pasal 21 UU Tipikor," tegas mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) itu.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X