P-21, Perkara Lurah Maharani Nonaktif Bakal Dilimpahkan ke Jaksa

- Kamis, 25 November 2021 | 18:29 WIB
Ilustrasi (Diegoattorney on Pixabay)
Ilustrasi (Diegoattorney on Pixabay)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Penyidik telah merampungkan penyidikan dugaan penipuan modus menawarkan proyek di dinas namun ternyata fiktif dengan tersangka Zulkifli. Dalam waktu dekat, penyidik akan melimpahkan penanganan perkara Lurah Maharani, Kecamatan Rumbai Barat nonaktif itu, ke Jaksa.

Penanganan perkara itu dilakukan penyidik pada Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru. Zulkifli ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah menyebabkan kerugian terhadap korban mencapai Rp1,3 miliar.

Dalam penanganannya, penyidik telah melakukan penahanan terhadap tersangka. Penyidik juga telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru pada medio Oktober 2021 lalu.

Selanjutnya, penyidik melimpahkan berkas perkara tersebut ke Jaksa untuk diteliti kelengkapan syarat formil dan materil. Hasilnya, Jaksa menyatakan berkas perkara lengkap atau P-21.

Baca Juga: Larang Ekspor Bijih Nikel, Jokowi: Kalau Ingin Nikel Silahkan Datang Bawa Pabriknya

"Sudah P-21," ujar Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru, Teguh Wibowo, saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Zulham Pardamean Pane, Kamis (25/19).

Dalam waktu dekat, Jaksa akan menyampaikan hal tersebut ke penyidik. Selanjutnya, bisa dilakukan proses tahap II atau pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Selanjutnya akan tahap II," singkat mantan Kasi Pidum Kejari Binjai, Sumatra Utara (Sumut) itu.

Terpisah, Kepala Satreskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Juper Lumban Toruan, mengaku bersyukur atas rampungnya penyidikan perkara tersebut. Namun sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Jaksa terkait lengkapnya berkas perkara tersebut.

Baca Juga: Hari Guru, Dewan Pendidikan Inhu Gelar Lomba Puisi Bahasa Inggris

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Anggota Dewan Jadi Tersangka Kasus Pemerkosaan

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:40 WIB

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB
X