Ini Nama 6 Mantan Anggota DPRD Riau yang Diperiksa KPK Hari Ini

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:56 WIB
Ilustrasi (Foto: mohamed Hassan dari Pixabay)
Ilustrasi (Foto: mohamed Hassan dari Pixabay)



HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sebanyak 6 orang mantan anggota DPRD Provinsi Riau dijadwalkan diperiksa di Kota Pekanbaru, Selasa (26/10). Mereka diperiksa untuk melengkapi berkas perkara dengan tersangka mantan Gubernur Riau, Annas Maamun.

Pemeriksaan itu dilakukan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Adapun perkara yang ditangani itu adalah dugaan korupsi berupa suap terkait pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Riau 2014 dan RAPBD Riau Tahun 2015.

"Hari ini, pemeriksaan saksi TPK (Tindak Pidana Korupsi,red) Suap Pembahasan RAPBDP TA 2014 dan atau RAPBD TA 2015 Provinsi Riau," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada Haluan Riau, Selasa siang.

Adapun saksi yang dipanggil dan diperiksa itu adalah Kirjuhari, Gumpita, HM Johar Firdaus, Iwa Sirwani Bibra, Riki Hariansyah, dan Solihin Dahlan. Mereka semua adalah anggota DPRD Riau Periode 2009-2014.

Baca Juga: Resmi! Hari Ini Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama ke Hindu: Berikut Proses Ritual Perpindahan Agamanya

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Direktorat Reskrimsus Polda Riau, Jalan Pattimura Nomor 13, Pekanbaru, Riau," pungkas Ali Fikri.

Dalam kasus ini, sejumlah anggota DPRD Riau kala itu juga terseret dan sudah divonis. Yaitu, Johar Firdaus, Suparman, Kirjuhari.

Untuk Johar dan Suparman dihukum selama 6 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider 6 bulan kurungan, serta hak politiknya dicabut selama 5 tahun.

Suparman dan Johar Firdaus didakwa menerima uang suap dan janji atas pembahasan APBD. Johar menerima uang Rp155 juta dan janji pinjam pakai mobil dinas sedangkan Suparman menerima janji pinjam pakai mobil dinas.

Baca Juga: M. Wahyudi Dukung Majukan UMKM untuk Sejahterakan Ekonomi di Desa Perawang Barat

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Anggota Dewan Jadi Tersangka Kasus Pemerkosaan

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:40 WIB

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB
X