Oknum Kades di Rohul dan Bawahannya Terjaring OTT, Ini Kasusnya

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:30 WIB
Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito memimpin ekspos pengungkapan perkara. Salah satunya, dugaan pungli pengurusan surat tanah (Istimewa)
Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito memimpin ekspos pengungkapan perkara. Salah satunya, dugaan pungli pengurusan surat tanah (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HULU - Dua orang perangkat desa di Kabupaten Rokan Hulu diamankan polisi karena diduga melakukan pungutan liar dalam pengurusan surat tanah. Keduanya diamankan dalam suatu operasi tangkap tangan dengan barang bukti uang tunai sebesar Rp20 juta.

Pengungkapan itu dilakukan Satreskrim Polres Rohul. Dua orang yang diamankan itu adalah Soewardi Soeryaningrat selaku Kepala Desa Rokan Timur, dan Sukron selaku Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha di kantor desa tersebut.

Dikatakan Kapolres Rohul, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, pengungkapan itu bermula saat pihaknya menerima informasi dari masyarakat terkait pungli dalam pengurusan Surat Keterangan Riwayat Tanah (SKRT) dan Surat Keterangan Ganti Kerugian (SKGR) di Desa Rokan Timur. Di mana setiap persil dipungut biaya Rp2 juta.

Baca Juga: Novel The Demon Sword Master of Excalibur atau Seiken Gakuin no Maken Tsukai Akhirnya Dapatkan Serial Animenya

Atas informasi itu, Polres Rohul melalui Unit III Tipikor Satreskrim langsung melakukan penyelidikan.

Lalu, pada Selasa (19/10/2021) sekitar jam 15.45 WIB, polisi mendapat informasi kalau ada warga yang akan membuat SKRT dan SKGR.

"Benar saja, di sana kami menemukan pungutan untuk 10 persil yang dikenakan biaya masing-masing Rp2 juta. Total Rp 20 juta," ujar AKBP Eko Wimpiyanto, Kamis (21/10/2021).

Atas temuan itu, tim langsung melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku, yakni Soewardi Soeryaningrat selaku Kades Rokan Timur, dan seorang bawahannya, Sukron.

Baca Juga: Gunakan Frame Seperti iPhone, Redmi Note 11 Series Rilis Tanggal 28 Oktober Ini

Keduanya dinilai mengambil pungutan terhadap pengurusan surat tanah yang seharusnya gratis.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Anggota Dewan Jadi Tersangka Kasus Pemerkosaan

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:40 WIB

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB
X