Sidang Lanjutan, Donna Membantah Kesaksian Yan Prana Terkait Inisiatif Pemotongan Dana Perjalanan Dinas

- Senin, 18 Oktober 2021 | 19:16 WIB
Mantan Bendahara Pengeluaran Bappeda Siak, Donna Fitria menaiki mobil tahanan
Mantan Bendahara Pengeluaran Bappeda Siak, Donna Fitria menaiki mobil tahanan

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sidang lanjutan dengan terdakwa Donna Fitria kembali digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi, Senin (18/10). Salah satu saksi yang dihadirkan adalah mantan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid.

Donna adalah terdakwa dugaan korupsi anggaran rutin di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Siak tahun 2014-2017. Saat rasuah terjadi, Donna menjabat sebagai Bendahara Pengeluaran di organisasi perangkat daerah tersebut.

Kini, Yan Prana yang sudah dinyatakan bersalah, bersaksi untuk mantan bawahannya itu. Dia memberikan keterangan secara virtual dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru.

Yan Prana mengisahkan ihwal mula adanya pemotongan perjalanan dinas sebesar 10 persen di Bappeda Siak. Dimana pemotongan biaya perjalanan dinas sepanjang tahun 2013-2014 itu mencapai Rp758 juta.

Baca Juga: Dikabarkan Kabur dari Karantina, Rachel Vennya : Kangen Anak

Dia mengaku tidak pernah memerintahkan Donna untuk memotong dana tersebut. Namun Donna yang punya inisitaif.

Ditambahkan Yan, usulan dikemukakan Donna lantaran dibutuhkan biaya-biaya yang tidak dianggarkan dalam APBD Kabupaten Siak pada pos anggaran Bappeda Siak.

"Pernah diusulkan Donna ke saya. Tapi, bukan saya yang perintahkan. Itupun sebenarnya bukan pemotongan, tapi partisipasi dari pegawai dalam menutup biaya-biaya untuk kegiatan atau acara yang tidak dianggarkan dalam APBD," ujar Yan Prana menjawab pertanyaan majelis hakim yang diketuai Dahlan.

Lanjut dia, sejumlah penggunaan uang tersebut di antaranya dipakai untuk membeli hadiah jika ada kegiatan ulang tahun atau acara instansi vertikal. Namun, ia tak menyebut instansi vertikal apa yang diberikan hadiah tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Anggota Dewan Jadi Tersangka Kasus Pemerkosaan

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:40 WIB

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB
X