Terpidana 9 Tahun Korupsi Kredit Fiktif BRI Cabang Ujung Batu Diminta Serahkan Diri

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:03 WIB
Ilustrasi Korupsi (Foto: Sajinka 2 dari Pixabay)
Ilustrasi Korupsi (Foto: Sajinka 2 dari Pixabay)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pihak Kejaksaan mengimbau Sudirman J untuk menghormati proses hukum. Dia diminta untuk kooperatif dengan menyerahkan diri sehingga bisa menjalani hukuman pidana 9 tahun yang dijatuhkan kepadanya.

Sudirman J adalah terdakwa perkara korupsi kredit fiktif di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Kantor Cabang Ujung Batu. Dia disidang secara in absentia karena berstatus buron dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Perkara tersebut telah diputus oleh Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Senin (11/10) kemarin.

Saat itu, majelis hakim yang diketuai Mahyudin menjatuhkan vonis selama 9 tahun penjara, denda Rp500 juta subsider 5 bulan kurungan, dan diwajibkan membayar uang pengganti kerugian keuangan negara Rp7.206.195.700 subsider 5 tahun kurungan.

Sementara tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menginginkan Sudirman J dihukum selama 9 tahun penjara, denda Rp750 juta subsider 6 bulan kurungan, dan diwajibkan membayar uang pengganti kerugian keuangan negara Rp7.206.195.700 subsider 5 tahun kurungan.

Baca Juga: Menempuh 40 Jam Perjalanan, Timnas Indonesia Tiba di Tajikistan

Baik hakim maupun Jaksa sepakat menjerat Sudirman J dengan Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Kini status perkara itu telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah. Dengan begitu, yang bersangkutan telah resmi menyandang status terpidana.

"Saat ini yang bisa kita lakukan adalah mengeksekusi barang bukti, seperti bukti surat, sertifikat, tanah, dan lainnya. Untuk eksekusi pidana badannya, tunggu yang bersangkutan bisa kita tangkap," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rokan Hulu (Rohul), Priwijeksono, melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Ari Supandi, Kamis (14/10).

Pihaknya, kata Ari, masih memburu Sudirman J. Kejari Rohul telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung RI dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau untuk bisa melacak keberadaan terpidana.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

23 Aplikasi Pinjol Resmi Diamankan Polisi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:37 WIB

Temuan Mayat di Kamar Hotel, Ternyata Dibunuh Suami

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:23 WIB

Terpopuler

X