Barang Bukti Ilegal Loging di Desa Sungai Linau Siak Kecil Berupaya Dibawa Kabur Oknum

- Rabu, 15 September 2021 | 17:37 WIB
Barang bukti ilegal loging yang coba dibawa kabur dari Desa Linau Kecamatan Siak Kecil Bengkalis
Barang bukti ilegal loging yang coba dibawa kabur dari Desa Linau Kecamatan Siak Kecil Bengkalis

HALUANRIAU.CO, BENGKALIS - Ada upaya pencurian atau penghilangan barang bukti (bb) kayu olahan atau ilegal loging hasil perambahan Hutan Desa di kawasan Biosfer Siak Kecil, Desa Linau Kecamatan Siak Kecil yang berhasil diamankan masyarakat dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bengkalis Pulau, Rabu (8/9/2021) lalu.

Hal tersebut terungkap saat masyarakat Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil, Selasa (14/9/2021) tengah malam mengamankan satu unit truk cold diesel yang keluar dari kawasan hutan Siak Kecil.

Setelah dicegat dan dilakukan pemeriksaan, ternyata kendaraan tersebut memuat ratusan kayu yang ketika dicari tahu dari mana asal kayu tersebut ternyata barang bukti 5 (lima) kubik kayu yang sudah diamankan PKH sebelumnya.

Barang bukti yang seharusnya berada di dalam hutan, ternyata sudah kosong.

Baca juga: https://riau.harianhaluan.com/daerah/pr-111138073/kawasan-biosfer-siak-kecil-kembali-dirambah-kph-bengkalis-pulau-amankan-5-kubik-kayu-ilegal-loging

Sempat terjadi ketegangan antara masyarakat dengan supir dan pihak yang diduga membeking pencurian barang bukti tersebut dan juga didiuga sebagai beking dalam perambahan hutan di Siak Kecil.

Akhirnya setelah dilakukan negosiasi, warga bersedia melepaskan truk yang masih berplat putih BM 9284 XY tersebut, namun kayu ditinggalkan pelaku.

Warga setempat sudah berusaha menghbungi pihak berwenang, namun hingga truk dilepaskan warga, tak satupun pihak berwajib yang hadir di lokasi kejadian.

"Kami tidak mempunyai wewenang apapun untuk menahan truk tersebut lebih lama lagi, makanya kami lepas, tapi kayu berhasil kami amankan, ucap warga setempat.

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Lelaki 13 Tahun Dicabuli, Diancam Senjata Tajam

Jumat, 10 September 2021 | 18:32 WIB
X