Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau Tenggelamkan Tiga Unit Kapal Ikan Asing

- Rabu, 15 September 2021 | 17:09 WIB
Tiga kapal ikan asing pelaku pencurian ikan ditenggelamkan (damri/haluankepri.com)
Tiga kapal ikan asing pelaku pencurian ikan ditenggelamkan (damri/haluankepri.com)

 

HALUANRIAU.CO, KEPRI - Tiga unit kapal ikan asing ditenggelamkam oleh Kejaksaan Negeri Karimun di perairan Kepri Coral Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri, Selasa (14/9/2021).

Pemusnahan kapal dengan cara ditenggelamkan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau (Kepri) Hari Setiyono dan didampingi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Karimun, Meilinda.

Hari Setiyono mengatakan, penenggelaman itu dilakukan dengan cara kapal tersebut diberi pemberat dan dimasukan air sebanyak-banyaknya hingga kapal itu tenggelam.

"Kita harapkan nantinya kapal yang sudah ditenggelamkan ini menjadi tempat atau rumpun berkembang biaknya ikan. Cara ini untuk sementara dianggap sebagai yang paling ramah lingkungan," jelasnya.

Baca Juga: Praperadilan Ditolak Hakim, Direktur PT RWH Tetap Sandang Status Tersangka

Ditegaskannya, eksekusi yang dilakukan oleh pihaknya itu dilaksanakan dengan sunguh-sunguh dan tidak ada lagi hal-hal yang main-main tentang kejahatan tersebut.

Penegak hukum terkait, baik itu dari Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Polairud, TNI AL dan penegak hukum yang menjaga wilayah laut Indonesia sudah bersusah payah untuk melakukan pengamanan dan penindakan terhadap pelaku ilegal fishing.

"Sehingga kami selaku penuntut umum dan pengadilan juga sependapat bahwa pelaku harus dijatuhi pidana dan barang bukti hasil kejahatan dirampas kemudian kita musnahkan," paparnya. Berita ini dikutip dari kepri.harianhaluan.com dengan judul 3 Kapal Ikan Asing Ditenggelamkan di Perairan Kepri Coral Batam.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Karimun, Meilinda mengatakan, dari 3 kapal ikan asing barang rampasan yang dimusnahkan itu, 2 adalah kapal berbendera Malaysia dan 1 berbendera Vietnam. Kapal tersebut melakukan ilegal fishing di laut Selat Malaka.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: haluankepri.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Lelaki 13 Tahun Dicabuli, Diancam Senjata Tajam

Jumat, 10 September 2021 | 18:32 WIB
X