Jika Ada Laporan, Kejari Pekanbaru Siap Usut Dugaan Penerimaan Tunjangan Transportasi oleh IYS

- Selasa, 7 September 2021 | 19:08 WIB
Barang Bukti Mobil
Barang Bukti Mobil

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Negeri Pekanbaru siap mendalami dugaan penyimpangan yang dilakukan IYS. Oknum anggota DPRD Kota Pekanbaru itu disinyalir menguasai sejumlah mobil dinas, sementara yang bersangkutan tetap menerima tunjangan transportasi.

Dalam beberapa hari terakhir, nama IYS kerap mewarnai pemberitaan di media massa di Kota Pekanbaru. Hal tersebut bermula dari keributan antara Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu dengan warga Jalan Arifin Achmad di RT 02 RW 05 Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Akibat keributan itu, dua belah pihak kini saling lapor ke polisi.

Salah satu hal yang disorot saat itu adalah mobil dinas merek Kijang Innova dengan Nomor Polisi (Nopol) BM 1958 TI yang digunakan IYS datang ke lokasi kejadian. Pelat nomor tersebut belakangan dipastikan palsu.

Belakangan diketahui jika IYS juga menguasai mobil dinas lain jenis Toyota Altis warna silver dan dan tercatat di Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru. Kendati menguasai kendaraan dinas tersebut, Ida juga diduga menerima tunjangan transportasi.

Hal ini diyakini bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.

Baca Juga: Masih Bandel, 38 Warga Lirik Bandel Terjaring Operasi Yustisi

Terkait persoalan serupa, pernah diusut Kejari Pekanbaru. Yakni, sejumlah pimpinan DPRD Pekanbaru menguasai mobil dinas dan menerima tunjangan transportasi.

Pengusutan itu dilakukan berdasarkan laporan yang disampaikan seorang warga yang bernama M Syafii. Di dalam laporannya, Syafii melampirkan daftar perincian gaji yang diterima salah satu unsur Pimpinan DPRD Pekanbaru, sebagai alat bukti.

Saat proses penyelidikan, pimpinan Dewan itu mengembalikan uang tunjangan transportasi yang sebelumnya mereka terima, ke kas daerah. Jumlahnya Rp1 miliar lebih. Dengan adanya pengembalian itu, pengusutan perkara tidak dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Polres Siak Tangkap Kakek Pengedar Sabu di Perawang

Kamis, 25 November 2021 | 20:46 WIB

Polda Riau Belum Tahan Dekan FISIP UNRI, Ini Alasannya

Selasa, 23 November 2021 | 12:52 WIB
X