Divonis 12 Tahun Penjara karena Maling Uang Rakyat, Juliari Batubara dan KPK Sama-Sama Tak Ajukan Banding

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 18:38 WIB
Juliari Batubara. (Rakyat Merdeka)
Juliari Batubara. (Rakyat Merdeka)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta sebelumnya menjatuhi vonis 12 tahun penjara kepada mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. Pihak KPK sebagai penuntut menerima vonis tersebut dan memutuskan tidak mengajukan banding.

Dalam perkaranya, Juliari terbukti bersalah menerima suap senilai Rp 32 miliar dari para vendor bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek.

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan keputusan ini diambil karena Juliari memutuskan menerima vonis yang dijatuhkan hakim kepadanya. Sebelumnya, penasihat hukum Juliari Batubara, Maqdir Ismail, menegaskan dirinya dan kliennya sepakat tidak mengajukan banding.

"Informasi dari kepaniteraan PN Jakarta Pusat, terdakwa tidak mengajukan upaya hukum banding," ujar Ali dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/8/2021).

"Oleh karena analisa yuridis, jaksa KPK telah diambil alih sebagai pertimbangan majelis hakim dan seluruh amar tuntutan telah pula dikabulkan maka KPK juga tidak lakukan upaya hukum banding," tambah dia.

Status perkara Juliari telah berkekuatan hukum tetap/inkrah karena kedua bela pihak menerima putusan hakim.

"Dengan demikian saat ini perkara dengan terdakwa Juliari P Batubara telah berkekuatan hukum tetap," ungkap Ali.

Ali menambahkan setelah Jaksa KPK memperoleh salinan lengkap putusan dari majelis, pihaknya akan segera melakukan eksekusi terhadap Juliari ke lembaga pemasyarakatan guna menjalani masa hukumannya.

"Berikutnya, setelah tim JPU memperoleh salinan petikan putusan maka segera menyerahkan administrasi perkara kepada jaksa eksekutor KPK untuk pelaksanaan eksekusinya," tandasnya.

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

Asyik Main Judi Song, 4 Warga Perawang Diborgol Polisi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:56 WIB

Kuansing Heboh, Benarkah Ada OTT KPK, Lalu Siapa

Senin, 18 Oktober 2021 | 23:11 WIB
X