Dikarenakan Masalah Berat Badan, Korea Utara Mencari Suksesor Kim Jong Un

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 11:09 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

Pyongyang - Pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un, disebut-sebut sedang mencari suksesor nya untuk memimpin Korea Utara, setelah berat badan Kim Jong Un terus menurun.

Ini dibuktikan yang dikutip dari The Sun Minggu (29/08/2021), Korea Utara menunjuk salah satu penjabat senior Partai Buruh, Jo Yong Won sebagai wakil kepemimpinan baru, yang didapuk menjadi 'King Maker' untuk mencari suksesor selanjutnya.

Michael Madden, seorang pakar negara komunis tersebut menuturkan, bahwa alasan Kim Jong Un menunjuk Jo Yong Won agar membantu membimbing jalan sang penerus negara tersebut. Keputusan tersebut dibuat dengan melihat potensi transisi dan serupa dengan apa yang dilakukan penerus pemimpin Korea Utara sebelumnya, Kim Jong Il, mencari pengganti dirinya sebelum akhirnya dia meninggal pada tahun 2007 silam.

"Masalah kesehatannya menjadi agak genting dan dia milai bersiap untuk suksesi turun temurun. Jadi pada dasarnya mempercayakan kepada 5 atau 6 orang yang kesetiaan dan ambisinya tidak perlu dia pertanyakan untuk dijadikan wali," kata Madden.

Madden juga berpendapat, penunjukan Jo Yong Won lebih didasari untuk mencari kambing hitam, agar apapun hal yang buruk menimpa Korea Utara, anda membutuhkan seseorang untuk disalahkan.

 

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: detik.com

Tags

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X