Taliban Kuasai Afghanistan, Mantan Kapten Perintah Bakar Baju Timnas Afghanistan

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 11:21 WIB
Khalida Popal, mantan kapten tim nasional wanita Afghanistan.
Khalida Popal, mantan kapten tim nasional wanita Afghanistan.

HALUANRIAU.CO, KABUL - Khalida Popal, mantan Kapten Timnas Wanita Afghanistan, meminta para pemain Timnas Afghanistan segera menghilangkan segala identitas sepak bola mereka, salah satunya dengan membakar jersey Timnas Afghanistan.

Permintaan itu seiring dikuasainya negara mereka oleh kelompok Taliban untuk menjaga keamanan mereka.

"Hari ini, saya meminta mereka (para pesepak bola) untuk menyembunyikan nama, copot semua identitas, hapus foto demi keamanan, bahkan saya meminta mereka untuk membakar jersey Timnas Afghanistan," ujar Khalida Popal dikutip dari The Straits Times, Rabu (18/8/2021).

Khalida Popal yang saat ini berada di Copenhagen, Denmark, menyatakan sangat sakit hati perjuangan dia dan teman-temannya memajukan sepak bola Afghanistan kini terasa sia-sia.

"Perjuangan untuk mendapatkan seragam tim nasional, perjuangan untuk mendapatkan hak bermain bola dan membela negara," tuturnya.

"Apa yang kami lihat saat ini adalah negara kami menuju kehancuran. Semua kebanggaan untuk memperkuat sepak bola wanita dan pria saat itu, kini terasa tak ada artinya," tegas Khalida.

Pada saat menguasai Afghanistan tahun 1996-2001, Taliban sangat membatasi aktivitas kaum wanita. Namun, kini Taliban menyatakan akan menjamin kaum wanita beraktivitas seperti sekolah dan bekerja selama tak melanggar prinsip-prinsip syariah.

Juru bicara Taliban, Zahibullah Mujahid, juga mengatakan prioritas utama kelompoknya adalah menciptakan hukum dan ketertiban di Kabul serta membuat masyarakat hidup dalam damai.

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: The Straits Times

Tags

Terkini

Hacker Anonymous Serbu Website Penting Rusia

Selasa, 1 Maret 2022 | 12:23 WIB
X