Israel Balas Serangan Bola Api dari Hamas dengan Gempuran Jet Tempur

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 15:03 WIB
ilustrasi  |  Sumber: Terence Burke/Unsplash
ilustrasi | Sumber: Terence Burke/Unsplash

HALUANRIAU.C0, INTERNASIONAL - Aksi serangan balasan dilancarkan Militer Israel ke situs Hamas di Jalur Gaza. Serangan tersebut buntut dari balon api yang diluncurkan Hamas dari daerah kantong Palestina, kata militer Israel.

Tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan dari serangan yang menyasar situs peluncuran roket dan kompleks milik Hamas, kelompok politik yang berkuasa di Gaza, dikutip dari Reuters.

Sejak gencatan senjata Hamas-Israel pada 21 Mei 2021 lalu, warga Palestina di Gaza secara sporadis meluncurkan balon berisi bahan pembakar melintasi perbatasan. Balon pembakar itu menyebabkan kebakaran yang telah membakar ladang di Israel.

Aksi tersebut dilakukan oleh Palestina sebagai bentuk perlawanan mereka agar Israel melonggarkan pembatasan di kantong pantai yang diperketat selama pertempuran selama 11 hari pada bulan Mei lalu.

Sempat surut usai Israel melonggarkan pembatasan di Gaza, namun pada Jumat, 6 Agustus, balon api kembali diluncurkan dari Gaza yang menyebabkan empat wilayah kebakaran di dekat perbatasan Israel-Gaza.  Berita ini dikutip Haluanriau.co dari Serangan Balasan Bola Api, Jet Tempur Israel Bombardir Situs Hamas di Gaza.

Militer Israel mengatakan serangan udaranya sebagai "tanggapan terhadap peluncuran terus menerus balon pembakar dari Gaza ke Israel sepanjang hari".

Kebakaran di sepanjang perbatasan Gaza terjadi ketika Israel secara terpisah saling tembak di perbatasan utaranya dengan Hizbullah, kelompok didukung Iran di Lebanon.***(Julkifli Sinuhaji/pikiran-rakyat.com)

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

Bangkrut! Sri Langka Minta Dana Segar IMF

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:48 WIB

Presiden AS, Joe Biden Jatuh dari Sepeda

Minggu, 19 Juni 2022 | 19:31 WIB

PBB Resmi Akui Türkiye Sebagai Nama baru Turki

Jumat, 3 Juni 2022 | 12:13 WIB
X