Pemilu Malaysia Resmi Digelar, 6 Kandidat Diprediksi Jadi PM

- Sabtu, 19 November 2022 | 14:29 WIB
5 prediksi kandidat Perdana Menteri Malaysia (Bil/HRC)
5 prediksi kandidat Perdana Menteri Malaysia (Bil/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUALA LUMPUR - Malaysia kini tengah mengadakan pemilihan umum (Pemilu), Sabtu (19/11/2022). Pemilu hari ini sangat menentukan suara mayoritas di dalam parlemen negeri Malaya.

Jika partai maupun koalisi yang nantinya memiliki kursi dominan di parlemen berhak untuk membentuk pemerintahan dan menunjuk Perdana Menteri (PM) yang baru.

Dilansir dari media-media Malaysia, Sabtu (19/11/2022), dari seluruh partai diketahui ada 3 koalisi yang akan bertarung yakni Koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin oleh mantan PM Malaysia, Muhyiddin Yassin; Koalisi Barisan Nasional yang dipimpin oleh Partai Organisasi Kebangsaan Melayu Bersatu (UMNO) yang tengah berkuasa hingga saat ini serta koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin tokoh oposisi, Anwar Ibrahim.

Dari total 222 kursi majelis rendah di parlemen setidaknya koalisi pemenang harus mendapatkan sedikitnya 112 kursi untuk bisa meraup suara mayoritas dan berhak menentukan PM selanjutnya.

Untuk aturan terbaru sendiri, para anggota parlemen kini dilarang untuk berpindah partai ketika nantinya mereka terpilih untuk menjabat demi mencegah ketidakstabilan politik.

Dikutip dari detik, Pemilu Malaysia diikuti oleh 21 juta pemilih terdaftar dimana jumlah tersebut naik sebesar 40% dari pemilu tahun 2018 yang lalu.

Baca Juga: Kontingen Pelalawan Raih 7 Medali pada Cabor Pencak Silat di Ajang Porprov Kuansing ke-X Tahun 2022

Untuk posisi Perdana Menteri, ada 5 nama yang digadang-gadang akan menduduki kursi strategis tersebut, dimana beberapa diantaranya sudah mengumumkan untuk bertarung mendapatkan hal itu dan berikut nama-namanya:

  1. Ismail Sabri Yaakob (Petahana)

    Ismail Sabri bin Yaakob merupakan seorang politisi asal Malaysia yang menjabat sebagai Perdana Menteri ke 9 sejak Agustus 2021 hingga saat ini.

    Ia merupakan wakil presiden UMNO hingga saat ini. Pria yang memiliki menantu orang Indonesia tersebut juga pernah menduduki beberapa jabatan strategis dibawah Pemerintahan mantan Perdana Menteri Abdullah Ahmad Badawi dan Najib Razak.

    UMNO sendiri telah menyatakan bahwa mereka akan mengusung Ismail menjadi kandidat PM jika partainya nanti memenangi pemilu 19 November 2022 ini.
  2. Anwar Ibrahim

    Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim mungkin pemilu saat ini menjadi yang terakhir untuk mendapatkan jabatan impiannya tersebut.

    Pada pemilu terakhir 2018, dirinya berkoalisi dengan mantan mentornya Mahathir Mohamad yang juga pernah berselisih dengannya ketika ia dilengserkan pada tahun 1990-an. Ia dijebloskan ke penjara akibat kasus sodomi, namun ia membantah dan menyatakan dirinya tidak bersalah.

    Anwar Ibrahim pun menyebut bahwa penahanan dirinya itu sebagai bentuk persekusi politik dan menjatuhkan marwahnya.
  3. Muhyiddin Yassin

    Koalisi Perikatan Nasional yang dipimpin Muhyiddin, yang juga mantan PM Malaysia ini, dinilai kekuatan ketiga dalam pemilu Malaysia setelah koalisi Barisan Nasional dan Pakatan Harapan.

    Para pakar menilai Muhyiddin memenangkan dukungan penting dari etnis mayoritas Melayu dan mampu merebut sejumlah pemilih dari Barisan Nasional. Koalisi yang dipimpinnya memprioritaskan kepentingan etnis Melayu dan menyertakan partai Islam seperti PAS, yang disebut-sebut menggulirkan syariat Islam.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Malaysiakini.com, detik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pesawat Tabrak Kabel Sutet, Washington Padam

Senin, 28 November 2022 | 16:21 WIB

PM Malaysia Tolak Pake Mobil Dinas

Senin, 28 November 2022 | 14:36 WIB

China 'Memanas', Pendemo Tuntut Xi Jinping Mundur

Senin, 28 November 2022 | 14:06 WIB

Anwar Ibrahim: Saya Memilih Untuk Tidak Menerima Gaji

Jumat, 25 November 2022 | 13:04 WIB

Gempa M 7,0 Guncang Kepulauan Solomon

Selasa, 22 November 2022 | 15:54 WIB

Geram ke PBB, Korut: Boneka AS!

Senin, 21 November 2022 | 16:53 WIB

Muhyiddin Pede Kembali Bakal Jadi PM Malaysia

Senin, 21 November 2022 | 16:34 WIB

Donald Trump Resmi Maju Pilpres AS 2024

Rabu, 16 November 2022 | 12:50 WIB
X