Banjir Dukungan kepada An San, Setelah Dihujat Lelaki Korea Selatan

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 17:28 WIB
Rambut pendek An San sebabkan ia dianggap sebagai feminis. (marca)
Rambut pendek An San sebabkan ia dianggap sebagai feminis. (marca)

HALUANRIAU.CO, SEOUL - Seorang pemanah Korea Selatan yang telah mengantongi dua medali emas Olimpiade di Tokyo dibanjiri dukungan dari para wanita pada Kamis (29/7/2021) setelah rambut pendeknya menjadi penangkal petir untuk pelecehan online dari lelaki.

Para lelaki mengomentari pilihan rambut An San yang mengesankan dirinya seorang feminis, bahkan beberapa dari mereka menuntutnya untuk meminta maaf dan juga mencabut gelar olimpiadenya.

Mengingat Korea Selatan merupakan negara ke-12 dengan ekonomi tersebar dan terdepan dalam penguasaan teknologi, namun masyarakatnya tetap didominasi lelaki dengan catatan buruk hak asasi perempuan.

Haru-biru misogini online muncul ketika reaksi anti-feminisme tumbuh di negara itu, dengan perusahaan yang dituduh mendukung "feminisme ekstrem" harus berurusan dengan boikot oleh kalangan pria dan akhirya meminta maaf pada publik.

An yang berumur 20 tahun telah memenangkan dua medali emas di tim putri dan panahan tim campuran. Dia mencetak 680 ke atas kualifikasi individu wanita di Olimpiade Tokyo, memecahkan rekor Olimpiade sejak 1996.

Banyak wanita terkenal Korea Selatan angkat suara mengutuk komentar kalangan lelaki tersebut.

"Bahkan jika Anda memenangkan medali emas Olimpiade dengan keterampilan dan kemampuan Anda sendiri, selama seksisme masih ada di masyarakat kita, Anda akan dihina dan dituntut mencabut medalinya hanya karena Anda berambut pendek," Jang Hye-yeong, seorang anggota parlemen wanita, mengatakan di Twitter.

"Kami menghadapi hari yang aneh di mana panahan Korea sekarang menjadi yang terbaik di dunia, tetapi martabat nasional terjun ke lumpur karena seksisme," tambahnya.

Orang-orang dengan pesan kemarahannya memicu badai lebih lanjut, menuduh An menggunakan ekspresi dengan tendensi anti laki-laki.

"Anda tidak dilatih dan diberi makan dengan uang pajak kami untuk melakukan tindakan feminis," tulis salah satu pria di akun Instagram An.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Channel News Asia

Tags

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X