Taliban Puasa Serangan Selama Idul Adha

- Rabu, 21 Juli 2021 | 20:17 WIB
Taliban sebut mereka dalam metode bertahan saat perayaan Idul Adha
Taliban sebut mereka dalam metode bertahan saat perayaan Idul Adha

HALUANRIAU.CO, KABUL–Selama perayaan Idul Adha, Kelompok Taliban 'puasa' serangan kecuali untuk membela diri. Namun untuk melancarkan serangan, mereka tidak akan lakukan. Namun mereka berhenti mengumumkan gencatan senjata resmi.

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa kami dalam status pertahanan selama Idul Adha,” kata seorang juru bicara Taliban pada Rabu (21/7), dikutip dari republika dari laman Al Arabiya.

Sehari sebelumnya (Selasa, 20/7) Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan perundingan antara pihaknya dengan Taliban tak menghasilkan apapun, karena itu ia menuding Taliban tak memiliki keinginan dan niat untuk perdamaian.

Serangan roket sempat terjadi sesaat sebelum Ashraf Gani menyampaikan pidato. Zona Hijau Ibu Kota Afganistan dihantam tiga roket yang ledakannya terdengar di kawasan istana Presiden dan keduataan yang ada di sekitarnya termasuk kedutaan Amerika Serikat.

“Hari ini musuh Afghanistan melancarkan serangan roket di berbagai bagian kota Kabul,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Mirwais Stanikzai sesaat setelah serangan.

Taliban awalnya memang tertuduh atas serangan tersebut sebelum ISIS mengklaim bahwa merekalah yang melakukan serangan roket tersebut.

Taliban memang menyulitkan pemerintah Afganistan. Kelompok ini diduga sudah menguasai sebanyak 400 distrik di Afganistan. Mereka juga mengepung seluruh ibu kota provinsi yang vital selain mengintrol akses penyeberangan perbatasan.

Penguasaan itu terjadi passca penarikan pasukan Amerika Serikat dan Nato dari Afganistan. Padahal penarikan pasukan itu merupakan syarat mereka untuk berdamai dengan Pemerintah Afganistan, karena mereka tidak ingin berdamai jika tetap masih ada tentara asing di negara asal Osama Bin Laden tersebut.

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: republika.co.id

Tags

Terkini

X