Rakesh Jhunjhunwala, Miliarder Asal India Meninggal Dunia

- Senin, 15 Agustus 2022 | 18:23 WIB
Rakesh Jhunjhunwala, Miliarder Asal India Meninggal Dunia (Istimewa)
Rakesh Jhunjhunwala, Miliarder Asal India Meninggal Dunia (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, INDIA - Masyarakat India dikagetkan dengan kabar meninggalnya salah satu miliarder asal negaranya, Rakesh Jhunjhhunwala. Pria berusia 62 tahun itu dikabarkan meninggal dunia pada Minggu pagi (14/8/2022).

Dilansir dari Forbes, Rakesh Jhunjhunwala diketahui merupakan seorang akuntan asal Rajasthan, India dengan total kekayaan mencapai USD 5,8 miliar atau setara dengan Rp87 triliun (asumsi kurs Rp15.000 per- dolar AS). Kekayaan tersebut berhasil dikumpulkannya hasil dari sepak terjangnya di dalam dunia investasi dan membuatnya mendapat julukan sebagai ‘Warren Buffett-nya India’.

Julukan tersebut ia dapat bukan tanpa sebab, pasalnya sama seperti Warren Buffett, Rakesh merupakan tipe investor yang membeli suatu aset saham dengan jangka waktu sangat panjang.

Sebelumnya, Rakesh sempat terlihat muncul di publik saat dirinya mengahadiri acara peluncuran sekaligus mempromosikan maskapai baru asal india berbiaya murah, Akasa Air.

Untuk penyebab kematian dari orang terkaya ke-36 di India ini masih belum diketahui pasti, tapi ia telah pergi dengan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

“Rakesh-ji meninggal dikelilingi oleh keluarga dan pembantu dekatnya,” ungkap salah satu keluarga, seperti dikutip Liputan6, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: Tabrani Rab Wafat, Basrizal Koto: Beliau Tokoh Luar Biasa

Diketahui, Rakesh mulai terjun ke dunia investasi sejak dirinya masih duduk di bangku kuliah dan melakukan kegiatan investasi dengan menggunakan akun miliknya lewat sebuah perusahaan bergerak di bidang perdagangan saham bernama Rare Enterprise.

Saat ini dirinya dikenal sebagai investor dengan kepemilikan saham atas salah satu perusahaan konglomerasi Tata yang bergerak dibidang pembuatan jam dan perhiasan, yakni Titan Company. Miliarder satu ini juga diketahui menanamkan sahamnya di beberapa perusahaan yang belum lama listing yakni perusahaan retail alas kaki Metro Brands, perusahaan game bernama Nazara Technologies dan perusahaan asuransi Health and Allied Insurance Company.

Rakesh juga dikenal sebagai investor dengan pribadi yang berani ambil resiko (risk taker) berkat keberaniannya dalam membeli saham perusahaan maskapai penerbangan bernama Akasa Air sebesar USD 35 juta atau 40% dari total kepemilikan saham seluruhnya. Karena pada saat itu, industri penerbangan masih menjadi bidang industri yang paling besar menerima dampak dari adanya pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNBC Indonesia, Liputan6, Forbes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Topan Nanmadol Landa Jepang, 2,9 Juta Warga Dievakuasi

Minggu, 18 September 2022 | 15:59 WIB

150 Ekor Kucing di China Gagal 'Disantap'

Rabu, 31 Agustus 2022 | 19:11 WIB

Presiden UMNO: Ini Tuduhan Bermotif Politik

Senin, 29 Agustus 2022 | 20:59 WIB

Banjir Pakistan Tewaskan Hampir 1000 Orang

Minggu, 28 Agustus 2022 | 19:30 WIB

IMF Kunjungi Sri Lanka, Bahas Paket Bailout

Kamis, 25 Agustus 2022 | 21:02 WIB

Mantan Imam Masjidil Haram Divonis 10 Tahun Bui

Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:12 WIB

Prancis Tolak Klaim Mali Persenjatai Pejuang Islam

Kamis, 18 Agustus 2022 | 21:05 WIB

Jerman Tolak Paspor Baru Indonesia

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:37 WIB
X