Polisi Ungkap Perkembangan Kasus Shinzo Abe: Tersangka Tuduh Abe Promosi Agama Sesat dan Buat Ibunya Bangkrut

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 19:25 WIB
Tetsuya Yamagami Pelaku Penembakan Shinzo Abe Mantan Perdana Menteri Jepang (Twitter)
Tetsuya Yamagami Pelaku Penembakan Shinzo Abe Mantan Perdana Menteri Jepang (Twitter)

HALUANRIAU.CO, JEPANG - Kepolisian yang menyelidiki kasus penembakan mantan PM Jepang, Shinzo Abe memberikan perkembangan kasus tersebut kepada media, dimana dikutip dari Kyodonews dan Japan Today, pelaku Tetsuya Yamagami menuduh politisi tersebut mempromosikan kelompok agama yang membuat ibunya bangkrut.

Dari hasil investigasi, tersangka mengungkapkan kepada polisi bahwa pada awalnya ia berencana untuk menyerang seorang pemimpin kelompok agama yang ia yakini menyebabkan ibunya tersebut bangkrut dalam bentuk meminta sumbangan.

Pelaku Tetsuya Yamagami (41) juga mengaku bahwa dia percaya sang mantan perdana menteri telah mempromosikan kelompok agama sesat tersebut dan mempunyai hubungan dengan hal itu. Namun dirinya tidak menyebut nama kelompoknya.

Baca Juga: Mantan PM Shinzo Abe Meninggal Dunia

Pelaku juga mengakui bahwa dirinya telah mengikuti Abe sebelum di tempat kejadian, dimana sehari sebelum penembakan di Prefektur Nara, dirinya pergi ke Okayama bagian barat dimana diwaktu yang sama Shinzo Abe juga memberikan pidato kampanye untuk pemilihan Dewan Penasehat yang akan digelar Minggu (10/7/2022).

Dikutip dari Kyodonews, Polisi menyatakan bahwa Shinzo Abe meninggal karena kehilangan darah dan berdasarkan hasil otopsi, ditubuh korban terdapat dua luka tembak yani di lengan kiri atas dan di bagian lehernya.

Pelaku juga membantah bahwa hal yang ia lakukan dilatarbelakani karena perbedaan keyakinan politik.

Polisi juga menengungkapkan bahwa mereka telah menggeledah rumah pelaku pada Jum'at waktu setempat dan menemukan barang-barang yang diyakini sebagai bahan peledak dan sejata rakitan.

Tetsuya Yamagami juga seorang pengangguran yang terakhir kali bekerja pada musim gugur 2020 yang lalu di sebuah pabrik di wilayah Kansai.

Baca Juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak OTK, Berikut Videonya

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Japan Today, Kyodo News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden China Xi Jinping Ketar-ketir Jelang Imlek

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:09 WIB

Mantan PM Malaysia, Najib Razak Ajukan Banding

Rabu, 28 Desember 2022 | 16:38 WIB
X