Kapal China dan Rusia Wara-Wiri di Lepas Pantai Hokkaido, Jepang Siaga

- Senin, 20 Juni 2022 | 18:38 WIB
Ilustrasi Kapal Perang (Asael Pena)
Ilustrasi Kapal Perang (Asael Pena)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Sebanyak tujuh kapal Rusia terlihat bergerak ke arah selatan lepas pantai pulau Hokkaido pada pekan lalu.

Dikutip dari Japan Times, pihak kapal Rusia terlihat melewati Kepulauan Izu yang tidak berpenghuni dimana staf gabungan Jepang membenarkan hal tersebut.

Kapal-kapal asing tersebut dipantau oleh pesawat dan kapal dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

Japan Times juga menuliskan bahwa terlepas dari kekhawatiran ketegangan antar negara, mereka menyebutkan tidak ada kapal perang tersebut yang ditemukan benar-benar memasuki perairan Jepang.

Baca Juga: Jepang Buka Pintu Perbatasan Untuk Turis di 98 Negara Tanpa Tiga Hal Berikut, Indonesia?

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan mungkin kapal yang terlihat di dekat perairan negara itu terkait latihan pelatihan skala besar kapal perang Rusia di Samudra Pasifik. Namun hal itu belum dikonfirmasi.

Staf Gabungan juga mengumumkan bahwa, pada waktu yang hampir bersamaan, dua kapal perusak rudal China terlihat melewati laut Jepang. Kapal itu dari Selat Tsushima menuju ke Laut Okhotsk.

Mengutip laman yang sama, ini bukan kali pertama, kapal Rusia dan China terlihat di dekat perairan Jepang. Kapal keduanya juga sempat terlihat juga Oktober 2021.

Khusus Jepang dan Rusia, ketegangan antara keduanya memang tengah meningkat sejak April. Ini terjadi ketika Rusia memperingatkan potensi pembalasan jika kapal Jepang dan Amerika Serikat (AS) terus menjalankan latihan angkatan laut di dekat perairan Rusia.

Pernyataan dibuat oleh Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov. Latihan ini dikenal sebagai "Naga Tegas" yang melibatkan lebih dari 4.000 anggota militer.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: CNBC Indonesia

Artikel Terkait

Terkini

China: Tidak Ada Ruang Untuk 'Separatis' Taiwan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:51 WIB

BBM Suriah Naik Dua Kali Lipat, Ekonomi Terpukul

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:16 WIB

Supertanker Minyak Disambar Petir, Kuba Minta Bantuan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:52 WIB

WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

Minggu, 24 Juli 2022 | 22:16 WIB

China Pecat Pejabat Karena Kecanduan Video Game

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:09 WIB
X