MOFA dan LSM Taiwan Selenggarakan 'Pekan Kesetaraan Gender Taiwan'

- Rabu, 9 Maret 2022 | 19:57 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen  (tengah) menghadiri acara pembukaan rangkaian kegiatan "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan" di Taipei (Kementerian Luar Negeri Taiwan)
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (tengah) menghadiri acara pembukaan rangkaian kegiatan "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan" di Taipei (Kementerian Luar Negeri Taiwan)

HALUANRIAU.CO, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) dan LSM "Yayasan Promosi dan Pengembangan Hak Perempuan” (FWRPD) Taiwan secara bersama-sama menyelenggarakan "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan” (TGEW) sebagai bagian dari rangkaian acara “Hari Perempuan Internasional” yang diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Siaran pers Divisi Informasi Pers Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Jakarta, Rabu (9/3/2022) menyebutkan, selama dua tahun terakhir acara  "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan” menarik perhatian komunitas internasional.

Penyelenggaraan acara tersebut, khusus tahun ini disesuaikan dengan tema Komisi Status Perempuan PBB sesi ke 66 (CSW 66), yakni “Kebijakan dan solusi perubahan iklim, lingkungan, dan pengurangan risiko bencana untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan”.

Selain mengadakan forum online “Climate Justice Leaders Forum” (Forum Pemimpin untuk Keadilan Iklim) dan mengundang LSM Taiwan untuk berpartisipasi dalam pertemuan paralel LSM-CSW, demi memperluas skala dan spesifikasi program, juga diadakan resepsi "Women's Power Night" pada Hari Perempuan Internasional.

Baca Juga: Viral! Video Detik-Detik Diduga Tangmo Nida Jatuh dari Speedboaddi Media Sosial, Netizen: Itu Dilempar!

"Women's Power Night" rencananya akan digelar di Hotel Taipei pada pukul 18:00 dalam momen “International Women's Day (IWD)” tanggal 8 Maret 2022 dengan tuan rumah Menteri Luar Negeri Taiwan, Wu Zhaoxie.

Selain mengundang utusan wanita dari berbagai negara, Menteri Perempuan dari Yuan Eksekutif, perwakilan perempuan dari perusahaan Taiwan, cendekiawan dan pakar di bidang kesetaraan gender dan perlindungan lingkungan, serta ketua LSM lokal dan internasional, Panitia secara khusus juga mengundang Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Pada acara tersebut Presiden Taiwan akan menyampaikan pidato singkat untuk memimpin pembukaan rangkaian kegiatan "Pekan Kesetaraan Gender Taiwan" tahun ini.

Sementara itu dekorasi ruangan acara difokuskan pada perlindungan lingkungan hijau dan perubahan iklim. Disamping menunjukkan perlindungan terhadap hak-hak perempuan dan promosi kesetaraan gender, tamu undangan juga diajak untuk dapat memahami tindakan Taiwan dalam menghadapi masalah perubahan iklim dengan cara yang intelek dan menarik. 

"Women's Power Night" di Taipei itu sendiri akan disiarkan secara langsung di Facebook Kementerian Luar Negeri Taiwan (facebook.com/mofa.gov.tw) dan MOFA mengajak teman-teman Indonesia untuk secara bersama-sama menyaksikan acara International Women's Day tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bangkrut! Sri Langka Minta Dana Segar IMF

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:48 WIB

Presiden AS, Joe Biden Jatuh dari Sepeda

Minggu, 19 Juni 2022 | 19:31 WIB

PBB Resmi Akui Türkiye Sebagai Nama baru Turki

Jumat, 3 Juni 2022 | 12:13 WIB
X