Rusia vs Ukraina: WNI Berkumpul di KBRI Kiev Menunggu Evakuasi

- Sabtu, 26 Februari 2022 | 13:19 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Ditengah gempuran militer Rusia ke Ukraina, warga negara RI yang kini berada di Ukraina masih berkumpul di gedung KBRI Kiev.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, mengatakan WNI di sana diberikan jaminan keamanan oleh pihak militer Ukraina.

"WNI masih berkumpul di safe house dan KBRI (Kiev), menunggu waktu yang tepat untuk dievakuasi," kata Faizasyah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (26/2).

Sementara itu, Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha, mengungkapkan bahwa saat ini ada 79 WNI di KBRI Kyiv, 25 WNI di titik safe house di Odessa dan lainnya ada di beberapa tempat di kota.

Baca Juga: Mantan Menag, Lukman Hakim Berikan Kritikan: Gonggongan Menunda Pemilu Itu Jauh Lebih Mengganggu Indonesia Ku

"Kami terus menjalin kontak dengan para WNI. Kemarin malam (25/2) telah adakan pertemuan virtual dg seluruh WNI utk meng-update situasi terakhir dan langkah2 pelindungan," katanya saat dihubungi CNNIndonesia.com Sabtu (26/2).

"Kondisi mereka saat ini aman di titik masing masing. Kita upayakan untuk evakuasi keluar Ukraina jika kondisi rute evakuasi memungkinkan. Komunikasi terus dilakukan dg berbagai pihak untuk membuat jalur aman."

Meski demikian, Faizasyah dan Judha belum bisa memastikan kapan para WNI ini dapat dievakuasi dari Ukraina.

"Kita lihat situasi di lapangan," kata Judha.

Baca Juga: Presiden Ukraina dan Rusia Sepakat Berdialog, Waktu dan Tempat Tengah Dibahas

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bangkrut! Sri Langka Minta Dana Segar IMF

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:48 WIB

Presiden AS, Joe Biden Jatuh dari Sepeda

Minggu, 19 Juni 2022 | 19:31 WIB

PBB Resmi Akui Türkiye Sebagai Nama baru Turki

Jumat, 3 Juni 2022 | 12:13 WIB
X