Universitas Harvard Digugat Akibat Gagal Lindungi 3 Mahasiswi dari Oknum Predator Seks Sang Profesor

- Jumat, 11 Februari 2022 | 18:00 WIB
University of Harvard  (Somesh Kesarla Suresh)
University of Harvard (Somesh Kesarla Suresh)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Universitas Harvard, Amerika Serikat (AS) saat ini tengah menghadapi gugatan oleh tiga mahasiswinya karena dituduh gagal melindungi mahasiswa dari pelecehan seksual dari salah seorang profesor di Universitas tersebut.

Tiga mahasiswi tersebut adalah Lilia KilburnMargaret Czerwienski dan Amulya Mandava, yang ketiganya merupakan mahasiswi Pascasarjana Jurusan Antropologi.

Dalam gugatan tersebut, mereka menuduh seorang profesor Studi Afrika, Afrika Amerika dan Antropologi yang bernama John Comaroff, telah 'mencium dan meraba-raba mahasiswi tanpa izin dan melakukan tindakan seksual yang tidak diinginkan serta akan mengancam untuk menyabotase karier mahasiswi jika mereka melaporkan perbuatannya.

Disebutkan juga dalam gugatan tersebut bahwa dalam proses melaporkan tuduhan pelecehan seksual ini kepada pihak universitas, ketiga mahasiswi itu menghadapi hambatan terus-menerus dari pihak administrasi kampus.

Baca Juga: Kejaksaan Negeri Pekanbaru Eksekusi Terpidana Penyerobotan Lahan, Nasril Chan

Pihak Universitas Harvard membantah tuduhan yang dicantumkan dalam gugatan hukum tersebut. Pihak Harvard menyebut gugatan itu 'sama sekali tidak mencerminkan secara adil maupun akurat dari langkah-langkah bijaksana yang diambil oleh universitas'.

Sementara pengacara yang mewakili Comaroff, yang namanya disebut dalam gugatan hukum namun tidak disebut sebagai terdakwa, menegaskan kliennya 'dengan tegas menyangkal' pernah melecehkan atau melakukan sabotase terhadap mahasiswa mana pun.

Comaroff juga membantah tuduhan yang menyebut dirinya mencium atau menyentuh mahasiswa secara tidak pantas.

"Profesor Comaroff tidak hanya akademisi terkemuka dalam bidangnya. Dia juga sosok yang sangat peduli yang mengabdikan energinya selama bertahun-tahun untuk membimbing dan memajukan berbagai generasi mahasiswa," tegas pengacara Comaroff dalam pernyataannya.

"Serangan terhadap kariernya yang didasarkan pada gosip dan fantasi daripada bukti nyata sungguh memalukan," tambahnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suaramerdeka.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jerman Tolak Paspor Baru Indonesia

Jumat, 12 Agustus 2022 | 19:37 WIB

China: Tidak Ada Ruang Untuk 'Separatis' Taiwan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:51 WIB

BBM Suriah Naik Dua Kali Lipat, Ekonomi Terpukul

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:16 WIB

Supertanker Minyak Disambar Petir, Kuba Minta Bantuan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:52 WIB

WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

Minggu, 24 Juli 2022 | 22:16 WIB
X