Presiden Malawi Pecat Seluruh Kabinet karena Korupsi

- Selasa, 25 Januari 2022 | 20:00 WIB
Presiden Malawi Lazarus Chakwera
Presiden Malawi Lazarus Chakwera

HALUANRIAU.CO, INTERNASIONAL - Presiden Malawi Lazarus Chakwera pada Senin (24/1/2022) memecat seluruh kabinetnya karena korupsi.

"Saya telah membubarkan seluruh kabinet saya secepatnya, dan semua tugas kabinet kembali ke kantor saya sampai saya mengumumkan kabinet yang disusun ulang dalam dua hari," kata Chakwera dalam pidato nasional, dikutip dari AFP.

Dia menambahkan, kabinet yang disusun ulang tidak akan memasukkan Menteri Pertanahan Kezzie Msukwa yang ditangkap bulan lalu karena kasus suap.

"Ini untuk memungkinkan dia menjawab tuduhan korupsi yang dihadapi di pengadilan dan membersihkan namanya di sana," ujar Chakwera. 

Baca Juga: Legenda MU, Wayne Rooney Masuk dalam Daftar Kandidat Kuat Manajer Baru Everton

Keputusan itu dijatuhkan setelah pertemuan minggu lalu dengan dua kelompok berpengaruh, Konferensi Waligereja Malawi dan Komite Urusan Masyarakat, yang terdiri dari kelompok-kelompok gereja yang bertindak sebagai pengawas pemerintah. Kedua kelompok menyatakan keprihatinan atas keragu-raguan presiden dalam memerangi korupsi. ECM,

Majelis uskup Katolik Malawi mengatakan, pihak berwenang harus memastikan tidak seorang pun ditekan, diintimidasi, atau dipengaruhi dalam menegakkan keadilan.

"Jangan ada tersangka, betapapun kuat, kaya atau siapa koneksi mereka, dilindungi atau dilindungi," kata para uskup.

Baca Juga: Dewan: Jangan Semena-mena Naikkan Tarif Sewa di STC

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Kompas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hacker Anonymous Serbu Website Penting Rusia

Selasa, 1 Maret 2022 | 12:23 WIB
X