Pertemuan Menlu ASEAN Ditunda, Apakah Terjadi Perpecahan?

- Kamis, 13 Januari 2022 | 11:25 WIB
Paparan Hasil Laporan Negara ASEAN dari Peta Asia Tenggara, Kunci Jawaban Kelas 6 SD MI Tema 7 Halaman 29. (Pixabay.com/Nguyenthuantien))
Paparan Hasil Laporan Negara ASEAN dari Peta Asia Tenggara, Kunci Jawaban Kelas 6 SD MI Tema 7 Halaman 29. (Pixabay.com/Nguyenthuantien))

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Tuan rumah pertemuan Menlu se ASEAN, Kamboja mengumumkan penundaan pertemuan tersebut.

Kamboja sendiri terpilih menjadi Ketua bergilir ASEAN untuk tahun 2022.

Pertemuan yang akan diadakan pada Selasa dan Rabu depan tersebut seyogyanya akan berlangsung di Siem Reap, North Kamboja.

Para pengamat mengatakan bahwa alasan dibalik penundaan pertemuan tersebut diyakini terkait dengan perbedaan pendapat antar anggota mengenai permasalahan Myanmar.

Hingga saat ini tidak ada penjadwalan ulang kapan pertemuan tersebut akan diselenggarakan.

Baca Juga: KPK OTT Bupati Penajam Panser Utara, 11 Orang Diamankan

Sejak kudeta yang dilakukan oleh militer Myanmar terhadap pemerintahan Aung San Suu Kyi, negara-negara yang tergabung dalam keanggotaan ASEAN telah menolak kehadiran pemimpin junta  militer Myanmar ke dalam pertemuan tersebut.

Tindakan kekerasan junta militer terhadap para pengunjuk rasa anti tindakan militer menjadi landasan para anggota untuk menolak kedatangan pemimpin militer Myanmar tersebut.

Namun Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen telah menyatakan niatnya untuk mengadakan pertemuan semua negara anggota termasuk mengundang pemimpin junta militer Myanmar tersebut.

Hun Sen pada Jumat yang lalu telah bertemu dengan Pemimpin Junta Militer Myanmar, Min Aung Hlaing untuk mengundangnya ke dalam petemuan para pemimpin ASEAN.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: NHK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sudah 2.000 Jurnalis Meninggal Akibat Covid-19

Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:37 WIB
X