Dilatih Menjadi Masinis Kereta Api Haramain High Speed Railway, Wanita di Arab Saudi Digaji Hingga Rp30,6 Juta

- Rabu, 5 Januari 2022 | 18:15 WIB
Haramain High Speed Railway
Haramain High Speed Railway

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Arab Saudi tengah melatih para perempuan mengemudikan kereta api di Haramain High Speed Railway untuk kemudian mematok gaji sebesar 8.000 riyal atau setara Rp30,6 juta.

Abdulaziz Alsogair, Direktur Politeknik Kereta Api Arab Saudi (SRP) mengatakan peserta pelatihan akan dipilih berdasarkan beberapa kualifikasi, termasuk tes bahasa Inggris.

"Sistem operasi transportasi di seluruh dunia bergantung pada pengetahuan bahasa yang baik, sehingga mengikuti program ini membutuhkan skor IELTS minimal 3,5," kata Alsogair (4/1).

Peserta minimal lulus sekolah menengah atas dengan peringkat nilai 70 persen ke atas dan peserta dengan tingkat bahasa yang baik lebih diprioritaskan mengikuti program ini.

Baca Juga: WNI Gagas Galang Dana Bangun Masjid Istiqlal di Tengah Kota Osaka Jepang

"Peserta pelatihan harus berusia antara 22 dan 30 tahun," ucap Alsogair.

Pada pelatihan gelombang pertama SRP,  diperkirakan diikuti sekitar 50 perempuan dan jumlah tersebut diyakini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Para peserta dijamin mendapatkan sejumlah manfaat, termasuk asuransi kesehatan, pendaftaran di Organisasi Umum untuk Asuransi Sosial, dan bonus bulanan SR4.000 atau Rp 15 juta selama periode pelatihan.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama satu tahun di Jeddah mulai 15 Januari dengan materi pelajaran teori serta praktek kepada para peserta.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hacker Anonymous Serbu Website Penting Rusia

Selasa, 1 Maret 2022 | 12:23 WIB
X