Korea Utara Coba Bobol Sistem Pertahanan Rudal AS

- Rabu, 15 Desember 2021 | 16:30 WIB
Ilustrasi (OpenClipart-Vectors on Pixabay)
Ilustrasi (OpenClipart-Vectors on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Amerika Serikat (AS) melalui Badan Riset Kongres atau Congressional Research Services/CRS laporkan upaya Korea Utara (Korut) hancurkan AS.

Upaya penghancuran teresbut dilakukan Korut dengan memborbardir AS menggunakan rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM). Korut juga berupaya membobol sistem pertahanan rudal AS di kawasan Asia Timur Laut. 

Korea Utara meningkatkan kemampuannya untuk menyerang seluruh benua Amerika Serikat dengan ICBM melalui serangkaian tes pada 2017,” kata laporan yang dikutip Yonhap, Rabu (15/12/2021).

Dikutip dari Indozone pada Senin (13/12/2021), upaya tersebut dilakukan Korut dengan melakukan serangkaian uji coba rudal jarak pendek dan menengah yang dilakukan tahun ini.

"Kemajuan program uji coba rudal balistik Korut tampaknya diarahkan untuk membobol atau menurunkan efektivitas pertahanan rudal di kawasan," kata

Baca Juga: Buaya di Inhil Kembali Memakan Korban, Bocah 11 Tahun Dikabarkan Meninggal Dunia

Disebutkan dalam laporan tersebut, sistem pertahanan yang diincar Korut adalah sistem anti-rudal  Patriot, Aegis Ballistic Missile Defense (BMD), dan Terminal High Altitude Area Defense (THAAD).

Laporan tersebut juga menyebut Korut mengalami progres positif dalam uji coba submarine-launched ballistic missiles (SLBM) atau rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

"Kemajuan Korut dengan SLBM menunjukkan upaya untuk melawan pertahanan rudal THAAD berbasis darat, dengan meluncurkan serangan dari posisi di laut di luar bidang pandang radar THAAD,” kata laporan tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BBM Suriah Naik Dua Kali Lipat, Ekonomi Terpukul

Minggu, 7 Agustus 2022 | 21:16 WIB

Supertanker Minyak Disambar Petir, Kuba Minta Bantuan

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:52 WIB

WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

Minggu, 24 Juli 2022 | 22:16 WIB

China Pecat Pejabat Karena Kecanduan Video Game

Kamis, 14 Juli 2022 | 21:09 WIB

Inflasi di AS Meledak Hingga 9,1 %

Rabu, 13 Juli 2022 | 20:22 WIB
X