Perusahaan Farmasi Pfizer berusaha Dapatkan Persetujuan BPOM untuk Penggunaan Pil Antivirus Covid-19

- Rabu, 17 November 2021 | 17:34 WIB
Indonesia Jajaki Obat Covid Buatan Pfizer (Berita Nusra)
Indonesia Jajaki Obat Covid Buatan Pfizer (Berita Nusra)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer pada selasa (16/11) yang lalu tengah membuat pengumuman sedang pencari persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat untuk mengizinkan mereka menggunakan pil antivirus covid-19 hasil ciptaanya.

Pil antivirus tersebut diklaim oleh pihak Pfizer dapat mengobati pasien dewasa yang beresiko tinggi terkena virus corona dari mulai gejala ringan hingga sedang.

Adapun cara kerja dari pil antivirus tersebut adalah dengan membelokir replikasi virus yang sama dengan yang digunakan dalam kombinasi obat HIV ritonavir.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Dunia Melambung, Pemerintah Jepang Pertimbangkan Subsidi Bensin Untuk Masyarakat

Dikuto dari NHK, selain Pfizer perusahaan farmasi lainnya 'Merck' juga meminta persetujuan FDA untuk penggunaan obat darurat molnupiravir, obat antivirus oral yang dirancang untuk mencegah perkembangan dari gejala virus corona pada pasien.

Pada pemberitaan sebelumnya, pil antivirus covid-19 hasil kembangan Pfizer tersebut memiliki tingkat efektifitas sebesar hampir 90 persen dimana itu dapat mengurani resiko pasien untuk dirawat inap bahkan dapat mengurangi resiko kematian.

Baca Juga: Vaksin Pfizer-BioNTech Vaksin Pertama Dapatkan Izin penuh di AS

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: NHK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sudah 2.000 Jurnalis Meninggal Akibat Covid-19

Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:37 WIB
X