Berada Dalam Kondisi Darurat, Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un Minta Rakyat Menahan Lapar Hingga 2025

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:32 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Krisis pangan di Korea Utara kini berada pada kondisi darurat. Presiden, Kim Jong-un meminta kepada rakyat agar makan lebih sedikit untuk beberapa tahun ke depan.

Menurutnya, rakyat harus menerima keadaan buruk ini hingga perbatasan antara China dan korea dibuka kembali pada 2025 mendatang.

Dilansir dari Oke Zone, Korea Utara menutup perbatasannya dengan China pada awal 2020 karena pandemi Covid.

Hal itu lantaran ketakutan tentang kerusakan dan dampak dahsyat dari virus corona, dengan kondisi sistem kesehatan yang sangat terbatas.

Baca Juga: Kim Jong Un Kecam Amerika Serikat serta Korea Selatan dan Dituding Berbohong

“Dua minggu lalu, mereka memberi tahu pertemuan unit penjaga lingkungan bahwa darurat pangan kami akan berlanjut hingga 2025. Pihak berwenang menekankan bahwa kemungkinan membuka kembali bea cukai antara Korea Utara dan China sebelum 2025 sangat tipis,” kata seorang penduduk kepada Radio Free Asia (RFA).

Seorang penduduk yang tak disebutkan namanya ini menilai situasi tersebut bisa memicu kematian rakyat Korea Utara. Sebab tak ada yang mampu bertahan apalagi selama musim dingin.

“Situasi pangan saat ini sudah jelas darurat, dan orang-orang berjuang dengan kekurangan. Ketika pihak berwenang memberi tahu mereka bahwa mereka perlu menghemat dan mengonsumsi lebih sedikit makanan sampai tahun 202. Mereka tidak bisa berbuat apa-apa selain merasa sangat putus asa.” tambahnya.

Ia juga menilai pemerintah menyuruh mereka untuk bertahan sampai 2025 sama dengan menyuruh mati secara perlahan.

Baca Juga: Partai Islam Radikal di Pakistan Demo, 3 Polisi Tewas Ditembak Massa

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X