Upaya Jaga Bumi Gagal Total, Buktinya Makin Panas 2,7 Derajat Celcius

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:53 WIB
Ilustrasi (Pixabay/TheDigitalArtist)
Ilustrasi (Pixabay/TheDigitalArtist)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Upaya negara-negara di seluruh dunia menjaga bumi dengan berkomitmen untuk mewujudkan solusi atas masalah perubahan iklim gagal total.

Berdasarkan laporan dari The Emissions Gap Report 2021: The Heat Is On, yang dirilis pada 26 Oktober lalu mengungkapkan yang terjadi saat ini justru menunjukkan pemanasan global terus terjadi.

Bahkan, Bumi menghangat hingga 2,7 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri pada akhir abad ini.

Sebelumnya, negara-negara seperti China dan Amerika Serikat (AS) berkomitmen untuk mewujudkan emisi nol bersih. Setidaknya, pemanasan global ditargetkan untuk dikurangi hingga 2,2 derajat Celcius.

Namun, tanpa rencana jelas bagaimana mengurangi pemanasan, apa yang terjadi justru berbalik. PBB mengatakan bahwa target masih jauh dari sasaran.

Pada pertemuan di Ibu Kota Paris, Prancis pada 2015, sebanyak 195 negara berjanji akan mengurangi emisi untuk menahan pemanasan global di bawah dua derajat Celcius pada 2100.

Membatasi pemanasan global lebih jauh, hingga hanya 1,5 derajat Celcius akan mencegah lebih banyak konsekuensi yang lebih menghancurkan dari perubahan iklim, seperti yang dilaporkan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim, atau IPCC, pada 2018 dikutip dari Republika.

Baca Juga: Demi Bumi, Pangeran Charles Diet dan Jadi Vegetarian

Dalam laporan terbarunya, yang dirilis pada Agustus, IPCC mencatat bahwa peristiwa cuaca ekstrem, yang diperburuk oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, sekarang terjadi di setiap bagian Bumi.

“Terlepas dari peringatan yang mengerikan ini, para pihak dalam Perjanjian Paris sama sekali gagal untuk menjaga target dalam jangkauan,” ujar Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, dilansir Science News, Rabu (27/10).

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X