Penyidik PBB Tuduh Korea Utara Segaja Sengsarakan Rakyat Demi Uji Coba Rudal

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:05 WIB
Ilustrasi - Korea Utara. (/Reuters/Edgar Su)
Ilustrasi - Korea Utara. (/Reuters/Edgar Su)


HALUANRIAU.CO, DUNIA - Penyidik PBB untuk HAM Korea Utara Tomas Ojea Quintana menyebutkan bahwa negara komunis tersebut sengaja untuk menyengsarakan rakyatnya demi ambisinya untuk terus menguji coba rudal balistik.

Masyarakat Korea Utara kini tengah menghadapi krisis pangan yang ekstrim sebagai akibat penutupan perbatasan negara untuk mencegah masuknya virus covid-19 ke dalam negeri tersebut pada Januari 2020.

Krisis pangan tersebut semakin di perparah oleh pemimpin negara yang tetap meningkatkan pengembagan uji coba rudal secara terus menerus.

Tomas Ojea Quintana melihat bahwa banyak masyarakat Korut yang kehilangan mata pencahariannya dan sangat beresiko untuk terjadinya kelaparan yang berkepanjangan.

Baca Juga: Tradisi di Kolombia, Malam Pertama Pengantin Disaksikan Ibu Mertua

Tomas Ojea Quintana juga mendesak pemerintahan Korea Utara bersama dengan masyarakat internasional, bersama-sama untuk menyelesaikan masalah darurat ini.

Lebih lanjut ia juga meminta kepada Dewan Keamanan PBB untuk mengevaluasi kebijakan sanksi terhadap Korea Utara demi menyelamatkan masyarakat negeri tersebut.

Baca Juga: Ramai Soal Pengembalian Insentif Nakes, Berikut Penjelasan Kemenkes

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: NHK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X