Belanda Simpan 100.000 Harta Indonesia, Termasuk Berlian 70 Karat Sultan Banjarmasin

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:08 WIB
Tropenmuseum,Amsterdam,Belanda. (instagram @tropenmusem)
Tropenmuseum,Amsterdam,Belanda. (instagram @tropenmusem)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Ternyata indonesia punya harta karun yang sampai sekarang masih dikuasai negara kincir angin belanda. Benda-benda seni dan bersejarah bernilai tinggi itu dibawa Belanda dari Nusantara ke Eropa dan disimpan pada di museum Prinsenhof Delft dan Tropenmuseum,Amsterdam,Belanda.

Belanda memang pernah mengembalikan harta karun Indonesia itu pada 20 November 2019 lalu dan kini sudah disimpan di Museum Nasional Indonesia Jakarta. Benda-benda bersejarah itu berasal dari Museum Prinsenhof.

Jumlahnya mencapai 1.500, termasuk keris Bugis yang terlebih dulu diserahkan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 November 2016.

Budayawan Chandrian Attahiriyah mengatakan, harta karun Indonesia yang masih tersimpan di museum milik Belanda bermacam-macam, mulai dari arca dan perhiasan. Jumlahnya diperkirakan ratusan ribu bahkan lebih.

Baca Juga: Jokowi Setuju Sektor Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Digerakan Kembali

"Kebanyakan seperti arca, prasasti, lontar, perhiasan, hingga senjata," kata Chandrian, Senin (18/10/2021) lalu.

Harta karun indonesia itu dibawa belanda saat masih menjajah Nusantara. Saat itu Indonesia menjadi wilayah kekuasaan Belanda sehingga belanda bebas melakukan apa saja pada negara Republik Indonesia.

Di sisi lain, upaya mengembalikan beberapa benda itu terus dilakukan pemerintah Indonesia. Berbagai cara terus dilakukan demi mengembalikan benda benda bersejarah itu melalui hubungan diplomatik dengan Kerajaan Belanda.

Melansir The Guardian, museum-museum di Belanda tersebut berencana mengembalikan kurang lebih 100.000 benda bersejarah yang disebut sebagai hasil jarahan kolonial. Pengembalian benda bersejarah milik Indonesia itu disebut "demi perbaikan keadilan sejarah".

Baca Juga: Pemuda Pancasila Bengkalis Nyatakan Komitmen Dukung Polri dan Pemerintah Ciptakan Kamtibmas

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X