Kim Seon Ho Minta Kekasihnya Aborsi, Bagaimana Hukum di Korsel, Legalkah?

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 18:47 WIB
Kim Seon Ho pelaku yang meminta kekasihnya melakukan abosrsi (@seonho___kim)
Kim Seon Ho pelaku yang meminta kekasihnya melakukan abosrsi (@seonho___kim)

HALUANRIAU.CO, KOREA - Nama aktor Kim Seon Ho tengah menjadi sorotan. Pasalnya aktor drama Korea Selatan diduga meminta kekasihnya untuk melakukan aborsi.

Bintang drama Hometown Cha Cha Cha, Kim Seon Ho, tak menampik rumot tersebut. Ia merilis permintaan maafnya secara resmi pada Rabu (20/10/2021). Ia mengakui memaksa sang pacar melakukan aborsi pada 2020 lalu.

Sementara itu, dikutip dari Liputan 6.com, aturan aborsi di Korsel ternyata baru saja legal pada 2021. Dulu, kegiatan aborsi bisa dihukum penjara.

Situs Library of Congress menyebut hukuman aborsi di Korea Selatan sebelumnya dapat menjerat si ibu dan pihak operator aborsi.

Baca Juga: Polisi yang Rampok Mahasiswa di Lampung Akan Dipecat Secara Tak Hormat

Tidak hanya itu, dokter baik itu dokter herbal atau bidan yang menangani juga ikut terseret.

Dalam kasus ini, sang ibu akan dikenakan sanki dengan hukuman penjara maksimal satu tahun atau denda 2 juta won. Sementara bagi pihak operator, hukumannya adalah penjara maksimal dua tahun.

Sejak 1963, aturan larangan aborsi  memang sudah ada di Korsel. Namun masih ada pengecualian seperti untuk kehamilan akibat perkosaan, hubungan inces, atau jika salah satu orang tuanya memiliki masalah kesehatan terkait penyakit menular atau genetik.

Tetapi pada Oktober 2020, muncul RUU untuk legalisasi aborsi, sebelum akhirnya praktek ini legal pada Januari 2021.

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X