Ilmuwan Rusia Hidupkan Kembali Cacing Berumur 40.000 Tahun

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:24 WIB
Ilustrasi ilmuwan (Pixabay/Geralt)
Ilustrasi ilmuwan (Pixabay/Geralt)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pernahkan Anda membayangkan tiba-tiba terbangun dari tidur panjang selama 42 ribu tahun? Hal itulah yang sedang dialami oleh cacing yang hidup kembali setelah tidur selama ribuan tahun di Rusia.

Dua spesies cacing gelang atau nematoda beku tersebut telah berusia masing-masing 30.000 dan 42.000 tahun.

Dua cacing, yang berjenis kelamin betina, dibekukan secara alami di dalam lapisan permafrost tersebut, yang membuatnya menjadi makhluk hidup tertua di planet ini.

Baca Juga: Penganut Agama Islam Turun Drastis di India

Selain itu, cacing tersebut juga menjadi organisme multiseluler pertama yang bertahan dari proses cryobiosis yang sangat lama.

Para ilmuwan menemukan kedua cacing berusia 40.000 tahun setelah mengambil dan menganalisa lebih dari 300 sampel dari tanah permafrost.

Menurut IFLScience, filum yang sangat beragam ini dikenal karena kemampuannya untuk menahan kondisi ekstrem terutama bahwa organisme biasa tidak pernah bisa bertahan hidup selama itu.

Eksperimen lain pada nematoda telah membuktikan bahwa mereka dapat bangkit kembali dari periode dormansi beku hingga 39 tahun tetapi percobaan ini adalah yang pertama kalinya.

Baca Juga: Pemerintah China Minta Apple Hapus Aplikasi Alquran

Di mana, cacing zaman purba diisolasi dan benar-benar hidup kembali.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X