Hari Ini, Dunia Memperingati Mental Health in an Unequal World: Hari Kesetaraan dalam Kesehatan Jiwa

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 14:17 WIB
Hari Kesehatan Mental Dunia 2021 (Istimewa)
Hari Kesehatan Mental Dunia 2021 (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Hari kesehatan mental sedunia di peringati pada 10 oktober setiap tahunya, adalah hari antarbangsa untuk pendidikan kesehatan mental, kesadaran, dan pembelaan dunia melawan stigma sosial.

Hari kesehatan mental  ini pertama kali dirayakan pada tahun 1992 atas prakarsa Federasi Dunia untuk Kesehatan Mental, sebuah organisasi kesehatan mental dunia dengan anggota lebih dari 150 negara.

Hari kesehatan mental memiliki tujuan untuk  memberikan perhatian pada kesehatan mental dan pengaruhnya yang besar terhadap kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Hari Kesehatan mental Sedunia untuk pertama kalinya dirayakan dengan tema atas saran Sekretaris Jenderal Eugene Brody. Temanya adalah “Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia.

Baca Juga: Sesosok Mayat Pria Ditemukan Warga Dalam Kondisi Setengah Telanjang dan Terikat di Sungai Tonang, Kampar

Hari Kesehatan mental Sedunia didukung oleh WHO melalui peningkatan kesadaran mengenai masalah kesehatan mental menggunakan hubungan yang kuat dengan Kementerian Kesehatan dan pertubuhan masyarakat madani di seluruh dunia.

Pada tahun 2021 ini tema dari hari kesehatan mental  adalah “Mental Health in an Unequal World : Kesetaraan dalam Kesehatan Jiwa untuk Semua”. Tema tersebut mengamanahkan pada setiap Negara agar lebih memberikan akses layanan yang lebih besar dan luas, agar kesehatan mental masyarakat lebih terjamin dan setara dengan kesehatan fisik lainnya.

Penting untuk diingat, kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dipelihara sebaik mungkin.

Kepada masyarakat, agar menjaga kesehatan diri dan tetap patuh dan disiplin dengan protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19, serta selalu menjaga kesehatan jiwa dengan mengelola stress dengan baik, menciptakan suasana yang aman, nyaman bagi seluruh anggota keluarga di rumah kita.

Baca Juga: Seorang Pria Paruh Baya Rusak Rumah dan Ancam Bunuh Ibu Kandung Akibat Kesal Dituduh Mencuri

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X