Maskapai Air India Dijual Pemerintah India, Sekarang Jatuh Ketangan TATA Grup

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Maskapai Air India (Daniel Eledut)
Maskapai Air India (Daniel Eledut)

HALUANRIAU.CO, DUNIA - Maskapai Air India yang dimiliki oleh Pemerintah India akhirnya di lepas dan di jual seluruh sahamnya kepada salah satu grup terkaya di India TATA Grup.

Air India di jual ke TATA Grup dengan bayaran sekirat 2,4 miliyar dolar setelah Pemerintah India tidak mampu untuk menanggung seluruh beban operasional serta harus mengumpulkan biaya utang sekirat 8 miliyar dolar, yang salah satunya diakibatkan oleh pandemi covid-19.

Maskapai yang didirikan pada 1932 tersebut merupakan maskapai yang awalnya dimiliki oleh TATA Grup, namun dikarenakan adaya kebijakan pemerintah India pada tahun 1953, TATA Grup akhirnya di nasionalisasikan.

Dikutip dari NHK World, kesepakatan pembelian kembali oleh TATA Grup diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2021.

Baca Juga: 4 Buah dengan Sumber Vitamin C Tertinggi yang Jaga Imunitas Tubuh di Era Pandemi, Sehat dan Enak

TATA Grup yang juga terkenal pada produknya TATA Motors, telah memperluas jaringan bisnisnya dengan mengoperasikan usaha penerbangannya dengan Singapore Airlines.

Baca Juga: Wabup Siak Apresiasi PTPN V dan Upz Sei Buatan Komit Dalam Membayar Zakat

Ketua Emeritus Perusahaan Induk Grup TATA Sons, dalam tweet nya menyambut pembelian kembali Air India oleh TATA Grup, dan ia berupaya untuk membangun kembali Air India dari kondisi keterpurukan saat ini.

Air India pada saat ini tengah berupaya untuk merampingkan tenaga kerjanya dan meningkatkan pelayanan ditengah situasi yang tidak pasti akibat pandemi covid-19

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X